Kenaikan kadar trombosit kemudian turun lagi, apa penyebabnya ?

NH Info Penanya: NH, Pria, 19 Tahun
Kenapa trombosit setelah naik kemudian turun lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,NH.

Trombosit yang naik turun umumnya sering di jumpai pada kasus demam berdarah dengue (DBD). Trombosit yang rendah pada penderita DBD diduga terjadi akibat peningkatan penghancuran trombosit, penurunan produksi trombosit oleh sumsum tulang. Penurunan produksi trombosit pada fase awal penyakit (hari sakit ke-1 sampai dengan ke-4) merupakan penyebab turunnya trombosit.

Pemeriksaan sumsum tulang penderita DBD pada awal demam terlihat hambatan pematangan pembentukan semua komponen sel-sel darah, terutama yang menghasilkan trombosit yang mengakibatkan turunnya jumlah trombosit. Setelah hari ke-5 sampai ke-8 perjalanan penyakit, terjadi peningkatan cepat sel yang menghasilkan trombosit (pembentukan trombosit sangat aktif) efeknya terjadi peningkatan kadar trombosit.

Perjalanan penyakit diatas dapat dilihat pada bagan dibawah ini, dimana trombosit (platelet) akan mengalami penurunan terutama pada kritis, dan berangsur akan naik kembali saat fase penyembuhan.  

Jika awalnya terjadi peningkatan trombosit, kemudian turun lagi bisa diakibatkan karena belum melewati fase kritis pada kasus DBD, ataupun adanya kondisi lain seperti bias pada hasil laboratorium, adanya perdarahan, ada infeksi lain yang menyertai ataupun ada kondisi medis lain dimana memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menaikkan trombosit secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan suplemen

5 Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami

Ada beberapa cara menaikkan trombosit yang alami, mulai dari makan jeruk hingga menghindari obat ibuprofen. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika kondisi Anda tidak parah.