Kena pukulan besi di kepala, apa solusinya?

HO Info Penanya: HO
Saya mengalami pukulan benda keras/besi d kepala sebelah kiri saya mengakibatkan tulang kepala saya mencukam,Yg saya rasakan saat ini penyumbatan ,tangan kaki sebelah kiri saya lemah gk berdaya, leher saya sakit,Mohon solusi nya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HOS.

Kepala adalah bagian tubuh manusia yang sangat penting. Di dalam kepala, ada organ vital yaitu otak. Selain itu, empat dari lima indera kita juga terdapat di kepala, yaitu mata, hidung, telinga, dan mulut. Di kepala juga terdapat pembuluh darah dan persarafan.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, pukulan besi di kepala akan menyebabkan sebuah kondisi yang bernama cedera kepala. Kondisi tersebut ada yang ringan, sedang, maupun berat, yang akan menyebabkan gangguan pada organ-organ otak tesebut. Misalnya, hematoma (pembekuan darah di luar pembuluh darah), patah tulang tengkorak, penumpukan cairan pada otak, dan lain-lain.

Gejala cedera kepala bervariasi tergantung derajatnya, mulai dari nyeri kepala, kehilangan kesadaran, kelemahan anggota gerak, mual muntah, ataupun sampai kejang. Karena Anda sudah mengalami beberapa gejala, sangat disarankan agar Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis saraf agar dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti CT scan. Dokter akan menentukan jenis cedera kepala Anda, dan memberikan penanganan yang tepat, misalnya obat-obatan atau operasi.

Untuk sementara, hindari aktivitas yang membuat terlalu lelah, ya. Dan segera periksakan kepada dokter spesialis saraf untuk mencegah komplikasi lanjutan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Koma merupakan kondisi mengancam jiwa sehingga sebagian orang tidak terselamatkan.

Mengenal Koma, ‘Tidur Panjang’ yang Dapat Mengancam Jiwa

Koma adalah suatu keadaan ketika seseorang tidak sadar dalam waktu yang berkepanjangan. Kondisi ini mengancam jiwa sehingga sebagian orang tidak terselamatkan.