Kena angin atau panas langsung pilek

SW Info Penanya: SW, Wanita, 36 Tahun
Kalau kena angin atau pnas dikit langsung pilek..kenapa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SW,

Pilek sendiri merupakan salah satu reaksi tubuh ketika saluran pernapasan mengalami gangguan. Beberapa penyebab pilek sendiri diantaranya adalah:

  • Infeksi virus seperti flu
  • Infeksi bakteri
  • Infeksi pada sinus atau sinusitis
  • Peradangan dinding hidung atau rhinitis
  • Reaksi alergi baik karena perubahan suhu udara, paparan debu, mencium zat tertentu, serbuk tumbuhan dan lainnya

Untuk itu jika mengetahui apa yang menjadi pemicunya maka ada baiknya menghindarinya agar pilek tidak berulang. Gunakan masker untuk melindungi hidung dari paparan alergen jika berada di luar ruangan ataupun ruangan yang terdapat alergen. Upayakan juga untuk bisa mencuci hidung dengan menggunakan air garam atau larutan saline sehingga dapat menjaga kebersihan rongga hidung agar tidak mudah terkontaminasi penyebab pilek.

Jaga kondisi tubuh dengan minum banyak air putih, cukup tidur dan istirahat, olahraga secara teratur ataupun bisa mengonsumsi vitamin agar menjaga daya tahan tubuh. Jika keluhan tetap menetap atau sering berulang, periksakan diri pada dokter atau dokter ahli THT agar dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.