Kemungkinan stroke untuk sembuh total.

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dok, mama saya kena stroke sudah 5 bulan. sudah tidak bisa jalan dan bicaranya juga sudah kurang jelas. apakah ada kemungkinan penderita stroke seperti mama saya bisa sembuh? jika ada, bagaimana cara pengobatannya agar stroke bisa sembuh total?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Stroke merupakan penyakit dimana pembuluh darah otak mengalami sumbatan atau mengalami perdarahan akibat pembuluh darah tersebut pecah. Cacat tidaknya seseorang setelah terserang stroke tergantung pada penanganan awal dalam waktu 6 jam, dan tergantung dari luasnya kerusakan yang ada di otak. Semakin lama ditangani dan semakin luas kerusakan otaknya maka akan semakin banyak kecacatan yang tersisa baik berupa lumpuh, pelo, atau bahkan tidak bisa bicara.

Gejala awal stroke bisa bervariasi berupa pusing, sakit kepala yang terjadi mendadak, kelemahan anggota gerak, kesemutan, pelo, susah bicara, sering terjatuh ketika memegang benda, mual, muntah, hingga penurunan kesadaran.

Penanganan atau pengobatan stroke yang diberikan bertujuan untuk mencegah agar kerusakan otak tidak semakin luas, sehingga sangat penting dilakukan dalam 6 jam pertama sejak keluhan muncul.

Pada kasus ibu Anda dimana sudah terserang stroke selama 5 bulan dan sudah tidak bisa jalan dan bicaranya juga sudah kurang jelas, sepertinya akan sulit bila Anda mengharap ibu Anda dapat kembali pulih seperti sedia kala. Terapi saat ini yang dapat dilakukan selain pelan-pelan berusaha mengembalikan keadaan ibu Anda, juga berusaha menjaga agar jangan sampai terserang stroke kembali dengan cara menjaga pola makan, dan minum obat secara teratur, dan tetap latihan agar otot-otot anggota gerak ibu Anda tidak mengecil.

Jangan lupa untuk selalu periksa ke dokter saraf secara teratur dan lakukan pemeriksaan darah secara berkala terlebih ketika ibu Anda memiliki diabetes, kolesterol, trigliserida, asam urat, serta tekanan darah yang tinggi.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil perlu mengonsumsi serat dari buah dan sayur untuk mencegah kolesterol tinggi saat hamil

Kolesterol pada Ibu Hamil Memang Rentan Lebih Tinggi, Ini Sebabnya

Kolesterol pada ibu hamil bisa naik 25-50% terutama pada trimester kedua dan ketiga. Namun, jangan sembarangan mengonsumsi obat penurun kolesterol tanpa berkonsultasi dengan dokter kandungan.