23 Sep 2020, 05:07Kandungan

Kemungkinan kehamilan saat masih menyusui

TY
Info Penanya: TY0
Dok, saat ini anak saya berusia 7 bulan dan saya masih memberikan ASI kpd anak sy, kurang dari satu bulan yang lalu saya berhubungan badan dengan suami saya, dan saat ini saya terlambat haid 5 hari, setelah saya cek dengan testpack, hasilnya positif. Tetapi sy masih belum yakin apakah benar2 hamil karena siklus haid saya yang sekarang menjadi 40hari. Apakah ibu menyusui memiliki hormon hcg, ataukah ibu hamil saja yg memiliki hormon tersebut?
564 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam TY,Jika sudah 7 bulan melahirkan dan tidak menggunakan KB, kemungkinan hamil bisa terjadi. Hormon HCG sendiri seharusnya sudah tidak terdeteksi setelah melahirkan dan setelah masa nifas. Peningkatan hormon HCG sendiri bisa terjadi karena beberapa hal seperti kehamilan, gangguan organ reproduksi seperti adanya kista, tumor sampai keganasan ataupun penyebab lainnya.Menyusui sendiri sering disangka bisa menjadi KB alami tetapi efektivitasnya rendah terlebih jika sudah lewat 6 bulan. Apabila didapatkan hasil testpack positif, perhatikan juga tanda kehamilan lainnya yang bisa terjadi seperti:
  • Mual dan muntah terutama di pagi hari
  • Payudara yang terasa lebih sensitif
  • Mood yang mudah berubah
  • Kram perut bawah
  • Mudah lelah
  • Terlambat menstruasi
  • Timbul flek diluar masa menstruasi
Hamil saat menyusui sendiri bisa meningkat kemungkinannya sampai 37% ketika usia anak 6-12 bulan terutama jika sudah kembali haid sejak lama setelah nifas. Untuk itu perlu dipastikan apakah hamil atau tidak setelah dilakukan pemeriksaan testpack. Nantinya perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG dan dilihat apakah ada kantong janin yang terbentuk sebagai tanda pasti kehamilan. Apabila nantinya benar hamil, akan ada perubahan pada ASI yang perlu dipersiapkan, dimana ASI dapat berkurang produksinya dan juga rasanya yang bisa berubah dan ada kemungkinan anak tidak mau menyusu saat ibu hamil kembali. Upayakan menjaga aktivitas fisik agar tidak terlalu lelah, upayakan menjaga asupan nutrisi untuk memenuhi gizi saat menyusui dan hamil kembali. Periksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penanganan lebih lanjutnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hamilmenyusuiibu menyusuihormon
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil