10 Aug 2020, 22:20Kandungan

Dua hari setelah haid, berhubungan menggunakan kondom, apakah mungkin hamil ?

DS
Info Penanya: DS, Pria, 28 Tahun
Saya ingin bertanya dok, istri saya memiliki siklus mens yg tdk teratur. 1x dalam 2 bln. Kami berencana untuk menunda kehamilan karena pandemi, dan memakai kondom sebagai kontrasepsi. sekitar 12 hari yang lalu kami berhubungan setelah 2 hari istri saya selesai haid. Sempat ejakulasi di dalam kondom dalam posisi mr. P masih ada di dalam. Baru2 ini istri mengeluh seperti pms. Apakah mungkin ini terjadi kehamilan ataukah pms yg terlalu cepat?
9413 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, DS.Dua hari setelah haid merupakan waktu dimana seorang wanita akan mengalami masa subur. Umumnya pada wanita yang memiliki siklus haid setiap 28 hari dan teratur, masa subur terjadi pada hari ke 10-17 jika dihitung dari hari pertama haid, serta puncaknya atau masa ovulasi terjadi pada hari ke 13 atau 14. Akan tetapi perhitungan ini hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus haid yang teratur. Sedangkan pada wanita dengan siklus haid yang tidak teratur disarankan menggunakan metode kalender masa subur yang saat ini sudah banyak ditemukan dengan mudah melalui aplikasi tertentu di telpon genggam.Sedangkan mengenai hubungan seksual yang menggunakan kondom umumnya cukup efektif dalam mencegah kehamilan, karena tingkat keberhasilan kondom dapat mencapai 98%, jika digunakan sesuai dengan prosedur. Terkecuali adanya gangguan seperti kebocoran pada kondom, tentunya akan dapat menurunkan efektivitas kondom dan meningkatkan peluang kehamilan.Adapun perihal keluhan dan gejala yang menyerupai PMS pada istri Anda masih mungkin benar berupa PMS dengan siklus hadi yang maju sehingga terasa lebih awal. Umumnya memang gejala PMS agak sulit dibedakan dengan tanda-tanda kehamilan.

Untuk lebih jelasnya berikut tanda awal kehamilan yang umum terjadi, meliputi :

  • morning sickness (mual muntah yang umumnya terjadi di pagi hari)
  • munculnya keluhan kram perut dan timbulnya flek
  • adanya perubahan pada payudara
  • timbulnya keputihan
Untuk saat ini ada baiknya menunggu hingga adanya keterlambatan haid melebihi 10 hari untuk melakukan test pack. Jika sulit menentukan keterlambatan dikarenakan haid yang tidak teratur, gunakanlah kalender penghitung masa subur untuk membantu Anda. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dan pasangan dapatkan dengan berkonsultasi langsung dengan dokter Kandungan.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
siklus haidkehamilankontrasepsipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil