08 Jan 2021, 01:30Kandungan

Seks ejakulasi di luar, bisa hamil tidak?

D
Info Penanya: D0
saya menstruasi pd tgl 21 des namun setelah selesai menstruasi saya berhubungan tanpa kondom pada tanggal 31 tetapi keluar di luar. apakah memungkinkan untuk hamil? . tepat pada tgl 1-2 jan saya mengalami flek dan setelah baca” termasuk salah satu tanda kehamilan flek dan kram perut. todak lama kemudian saya mengalami kram perut. apakah mungkin karena saya merasa terlalu cemas jdi saya kram perut akibat mindset saya?
198 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, DTerima kasih atas peryanyaan AndaKehamilan terjadi saat ada sel sperma yang berhasil membuahi sel telur wanita. Perlu diketahui bahwa walaupun saat ejakulasi pria mengeluarkan air mani yang mengandung jutaan sel sperma, namun cukup 1 sel sperma saja yang berhasil masuk dan membuahi sel telur bisa menyebabkan kehamilan. Oleh sebab itu, melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi dilakukan di dalam liang vagina saat wanita sedang dalam masa subut berpeluang besar untuk terjadi kehamilan.Melakukan seks saat sedang haid atau diluar masa subur tetap berpeluang untuk terjadi kehamilan, walaupun peluangnya tidak sebesar saat sedang masa subur. Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu dipastikan apakah saat melakukan hubungan seksual sperma dikeluarkan di luar dan dipastikan tidak ada cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma masuk ke dalam vagina. Karena kalau da cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma masuk, bisa menyebabkan kehamilan. Untuk memastikan apakah perdarahan atau flek yang terjadi pada Anda merupakan perdarahan implantasi atau bukan, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk emmastikan. Jika hasilya positif maka perdarahan tersebut adalah perdarahan implantasi dan Anda sedang hamil. Selain karena perdarhan implantasi adanya flek diluar siklus haid bisa terjadi karena gangguan hormon, kecemasan, efek samping KB, atau karena kondisi kesehatan pada organ reproduksi wanita. 

Tips menjaga kesehatan organ kewanitaan:

  • Jaga kebersihan area vagina
  • Konsumsi makanan yang bergizi
  • Tidak melakukan seks bebas
  • Gunakan celan dalam berbahan katun
  • Ganti celana dalam berkala
  • Ganti pembalut setiap 4 jam sekali saat sedang haid
  • Olahraga rutin
Bila ada keluhan lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
hubungan sekssekshubungan seksualhamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil