01 Apr 2020, 12:33Kandungan

Mungkinkah hamil dari hubungan tanpa penetrasi?

SM
Info Penanya: SM, Wanita0
Saya dan pasangan melakukan hubungan tanpa penetrasi sama sekali, dan ejakulasi di atas perut saya, di mana air mani juga jatuh di daerah pubis. Langsung dilap dengan tisu, dan saya segera mandi. Apakah mungkin sedikit sisa sperma mengalir terbawa air ke bawah, mengenai bibir vagina dan menyebabkan kehamilan? Saya terakhir menstruasi tanggal 6-11 Februari 2020, kejadian tanggal 29 Feb. Saya hingga 01 April blm menstruasi, perlu dicatat sejarah siklus menstruasi saya memang irregular.
30979 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi SM,Kehamilan tentunya diharapkan oleh siapapun, namun bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan, adanya siklus haid yang terlambat tentu akan membawa kecemasan akan kemungkinan hamil seperti yang Anda alami saat ini.Perihal kasus Anda kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangat kecil, terutama bila Anda melakukan hubungan seksual tanpa penetrasi.Pada kehamilan, selain tidak haid, seringkali disertai dengan gejala mual, muntah di pagi hari, badan lemas, pusing, tidak napsu makan, dll. Sehingga Anda tidak bisa berpatokan pada terlambat haid saja, terlebih siklus haid Anda memang tidak teratur.

Selain kehamilan, terlambat haid juga bisa disebabkan oleh :

  • Stres. Semakin cemas maka keseimbangan hormon di dalam tubuh akan semakin terganggu dan akan semakin lama terlambat haidnya.
  • Perubahan berat badan.
  • Kelelahan.
  • PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).
  • Pemakaian KB.

Sementara yang dapat Anda lakukan sebagai usaha agar siklus haid kembali normal adalah :

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Olahraga 30 menit setiap hari.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
Bila dalam 3 bulan tidak haid samasekali dan hasil tes pack negatif, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Salam sehat,dr. Vina 
kehamilantes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil