Kembung, nyeri, mules, nafsu makan berkurang dan mudah kenyang. Apa penyebabnya?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 28 Tahun
Saya sering ngerasa kembung/bekah perut dibagian perut bawah, merasa nyeri dibagian perut tengah juga, merasa mules seperti ingin buang air besar tpi ga sering buang air besar, nafsu makan berkurang, sekali makan rasanya kenyang, kenapa ya kira2 dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DA

Semua gejala yang Anda alami termasuk ke dalam sindrom dispepsia yang berarti gangguan pencernaan. Penyebabnya bisa organik (ada gangguan klinis nyata) atau fungsional. Dispepsia organik seperti GERD (gastroesophageal reflux disease) atau karena alkohol, kopi, efek samping obat atau tukak lambung serta kanker. Pada dispepsia fungsional dirasakan nyeri, tetapi tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik, laboratorium maupun endoskopi.

Gejala dispepsia diantaranya mudah kenyang, tidak nyaman setelah makan, nyeri perut, kembung, rasa terbakar, mual dan mau muntah.

Gaya hidup yang perlu dihindari seperti merokok, makan terlalu banyak/cepat, makanan berlemak, berminyak atau pedas. Serta menghindari kopi, teh, coklat, soda, alkohol dan merokok. Mengurangi cemas atau stres. Serta penggunaan antibiotik, anti nyeri dan suplemen dalam jangka panjang.

Bila keluhan tetap ada, sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan keahlian khusus di pencernaan. Saya lampirkan pula artikel mengenai cara alami meredakan dan mengobati sindrom dispepsia.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai manfaat kentut bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui

Jangan Ditahan, Ternyata Ini 6 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

Meski dapat menimbulkan aroma tidak sedap, ternyata ada berbagai manfaat kentut bagi kesehatan tubuh. Kentut adalah proses alami yang merupakan bagian dari sistem pencernaan serta baik bagi kesehatan.