09 Jun 2020, 22:07Perut

Kembung dan susah BAB disertai riwayat maag

IC
Info Penanya: IC, Wanita, 28 Tahun
Selamat malam dok, saya indah dari tangerang.Mau tanya dok, saat ini saya sedang merasa perut kembung, susah BAB padahal kadang mules tp saya hanya buang angin aja ga kepingin BAB.Rasa nya perut saya kaya penuh dan klo di tepuk2 itu bunyi. Itu terasa di semua posisi perut. Lalu klo habis buang angin lambung saya perih tp hanya sebentar aja lalu hilang perih nya. Dan kepala saya agak pusing. Saya memang punya riwayat sakit maag. Apa kah ni masuk angin biasa atau maag saya yg lg kambuh dok ?
46016 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang IC,Gangguan pencernaan adalah keluhan yang sering kali terjadi, dimana pemicunya bisa disebabkan dari apa yang kita konsumsi. Penyebabnya bisa karena adanya infeksi saluran pencernaan, iritasi saluran pencernaan, keracunan makanan ataupun penyebab lain.Selain karena mengonsumsi makanan yang kurang baik, keluhan saluran pencernaan juga bisa timbul karena pola makan dan gaya hidup yang kurang baik. Gangguan psikologis seperti stres dan cemas juga bisa jadi penyebab maag dan asam lambung. Adanya penumpukan gas berlebih juga bisa menyebabkan rasa kembung.Untuk mengatasi keluhan pencernaan yang saat ini dirasakan, bisa dilakukan beberapa hal seperti:
  • Perbaiki pola makan dengan makan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih sedikit
  • Hindari mengonsumsi makanan yang mengiritasi lambung dan memproduksi gas
  • Hindari makanan pedas, asam, bersantan, sayur yang mengandung gas, minuman berkafein seperti soda, kopi, teh, cokelat
  • Konsumsi cukup serat seperti sayuran dan buah
  • Minum air putih cukup
  • Hindari menahan keinginan buang air besar
Anda juga bisa mengonsumsi obat antasida sebelum makan dan minum vitamin b6 atau piridoksin untuk mengurangi rasa mual. Bisa juga mengonsumsi probiotik dan bahan alami seperti minuman jahe hangat.Apabila keluhan disertai mual, muntah ataupun demam, sebaiknya memeriksakan diri pada dokter agar diberikan penangnaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
maagmasalah pencernaangangguan pencernaanperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil