Bagaimana bila mata kemasukan benda aneh?

FI Info Penanya: FI, Pria, 20 Tahun
Malam dok mata saya yang sebelah kiri kemasukan benda asing tadi sore saya ngk tau benda apa itu tapi sakit banget sampe sekarang dan mata saya merah, perih, keluar air mata terus dan klo di pake kelamaan sakit banget saya udh coba tetesin obat mata yaitu cendo dan tetap masih sakit karena benda asing itu masih ada di mata saya yg sebelah kiri dan belum keluar" saya binggung cara ngeluarin benda asing ini gimana misalnya yg sakit pas pinggiran bola mata saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Benda asing yang masuk di mata tentu sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan goresan pada bagian-bagian mata seperti kornea. Adanya mata merah, nyeri, berair merupakan tanda mata mengalami peradangan akibat adanya benda asing yang masuk ke dalam mata tersebut.

Adanya rasa mengganjal pada mata menandakan benda asing masih berada di dalam mata, penanganan yang salah akan membuat benda asing tersebut semakin tertanam di dalam mata atau menimbulkan goresan.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah Anda adalah :

  1. Bilas mata dengan cairan NaCl mengalir. Anda bisa membeli cairan tersebut di apotek.
  2. Rendam mata dengan cairan NaCl sambil berkedip-kedip sebagai usaha agar benda asing tersebut bisa lepas.
  3. Tutup mata dengan kasa steril agar mata tidak banyak berkedip untuk mencegah goresan semakin parah.
  4. Mata tidak boleh dikucek-kucek.

Namun berdasarkan cerita Anda, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk penanganan lebih lanjut. Karena terkadang benda asing sangat kecil sehingga butuh alat slitlamp dokter mata untuk melihatnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi

Mengatasi Mata Merah Akibat Mata Kering, Bagaimana Caranya?

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi. Mata yang kering disebabkan oleh jumlah air mata yang kurang atau komposisi air mata yang tidak seimbang. Untuk mengatasi mata kering, Anda dapat menggunakan obat tetes mata, mengubah kebiasaan, dan tindakan operasi.