Kemana haru berobat untuk penyakit maag yang sering kambuh?

RI Info Penanya: RI
Siang dok... mau tanya sya mempunyai maag tiap telat mkn sdkt j psti maag ny kambuh daann kepala berasa berat hidung ga enk seharus ny konsultasi kDR penyakit dalam atau tht dlu y seharus ny...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RI,

Penyakit maag atau sindrom dispepsia adalah keluhan yang menyerang area perut yang dipicu oleh kebiasaan makan seperti pola makan yang kurang baik, sering melewatkan waktu makan, ataupun juga bisa karena mengonsumsi makanan yang memicu iritasi seperti pedas, asam, berlemak, bersantan, minuman berkafein dan lainnya. Selain itu juga bisa dipicu oleh kondisi psikis seperti stres.

Jika sering berulang maka perlu memperhatikan apa yang menjadi pemicunya karena maag memang tidak bisa sembuh secara tuntas tanpa memperbaiki pola hidup dan kebiasaan makan. Jika sering kali kambuh maka perlu berkonsultasi pada dokter spesialis penyakit dalam dahulu. 

Untuk sakit kepala dan hidung tidak enak sendiri bisa disebabkan oleh cephalgia atau sakit kepala yang dipicu oleh pola makan yang tidak baik salah satunya adalah sakit kepala cluster yang juga bisa memicu hidung berair. Untuk itu penting menjaga pola hidup agar keluhan bisa teratasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.