26 Sep 2020, 21:12Jantung

Kemampuan paru-paru dan jantung

TU
Info Penanya: TU0
Apakah ketika setelah berolahraga(squad jump/olahraga endurace) kita menahan napas.Dapat meningkatkan kemampuan paru-paru dan jantung 3 kali semakin bagus?
404 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang TU,Untuk meningkatkan kapasitas paru dan jantung bisa dilakukan beragam aktivitas fisik atau olahraga. Latihan tersebut perlu dilakukan bertahap dari intensitas ringan, sedang ke intensitas tinggi. Waktu latihan juga perlu diperhatikan dimana jika berolahraga dengan intensitas ringan-sedang bisa dengan durasi yang lebih lama sedangkan jika dengan intensitas tinggi bisa dilakukan dengan singkat saja.Ketika berolahraga kita perlu asupan oksigen lebih jadi latihan pernapasan juga diperlukan. Menahan napas tidak bisa membuat kapasitas paru dan jantung menjadi lebih baik. Saat keadaan membutuhkan pasokan oksigen lebih jika kita menahan napas bisa menimbulkan efek lain seperti pusing, pandangan gelap, sampai pingsan.Beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru diantaranya seperti:
  • Jalan pagi, jogging, minimal 30 menit setiap harinya
  • Berenang
  • Sepeda statis ataupun bersepeda
  • Lari dengan pace yang lebih cepat
  • Menari
  • Senam
  • Angkat beban
Selama masa pandemi ini olahraga juga merupakan hal penting untuk bisa menjaga kebugaran tubuh tetapi perlu dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
olahragatips olahragatips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil