Keputihan disertai gatal dan nyeri, penyakit apakah itu?

FE Info Penanya: FE, Wanita, 1 Tahun
Sore dok,, saya mau nanya kenanpa udah hampir 2 bulan saya belum juga haid tpi hasil tespek saya negatif dok,,dan mengapa vagina saya hanya mengeluarkan cairan putih dan itu menyebabkan vagina saya gatal dan agak nyeri dok,, bisa tolong jelaskan dokTrimss dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Vagina mengeluarkan cairan putih dinamakan dengan kondisi keputihan. Keputihan adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita karena keputihan sendiri memiliki banyak manfaat. Pada umumnya, keputihan akan muncul sebelum menstruasi, sesudah menstruasi, dan saat masa ovulasi.

Ciri-ciri dari keputihan yang normal yaitu berwarna bening atau putih, encer atau agak padat, tidak gatal, tidak nyeri dan tidak berbau. Jika keputihan berciri-ciri berwarna kuning, hijau keabu-abuan, berbau tajam, gatal, nyeri, dan terasa panas pada vagina, maka itu merupakan ciri-ciri keputihan yang abnormal. Penyebab keputihan yang abnormal yaitu infeksi bakteri, jamur, virus, dan parasit lain di vagina. 

Gejala yang Anda alami ini, mungkin saja merupakan kondisi vulvovaginitis (radang pada vulva dan vagina). Vulvovaginitis dapat disebabkan oleh infeksi jamur, vaginosis bakteri, trikomoniasis, penyakit menular seksual, dan akibat paparan bahan kimia. Mungkin Anda mengalami telat haid bisa jadi karena kondisi vulvovaginitis ini. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan. Sehingga dapat diketahui secara pasti penyebabnya dan penanganan yang tepat untuk Anda. 

Untuk saat ini, yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala yaitu menjaga kebersihan organ intim Anda, tidak menggunakan produk pembersih vagina dulu, mengkonsumsi obat pereda nyeri dan obat gatal yang bisa Anda beli di apotek, bantu kompres dengan air dingin di area vagina, dan usahakan jangan sampai area vagina lembab atau basah. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.