24 Sep 2020, 12:59Kulit & Kelamin

Kelur flek coklat setelah berhubungan seks

E
Info Penanya: E0
Siang dok mau tanya, hari kamis kemarin kan saya melakukan hubungan intim tapi memakai pengaman lalu hari senin saya keluar flek coklat sy kira haid tapi hanya keluar beberapa jam saja dan kebetulan itu jg sudah jadwal saya haid, setelah berhubungan itu saya juga merasa vagina terasa gatal dok. Menurut dokter itu flek apa ya? Cedera atau tanda kehamilan?
737 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang E,Keluar flek cokelat adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa penyebab terutama jika habis berhubungan seksual dan sudah menjelang haid. Flek darah atau flek cokelat ini bisa merupakan hal yang normal sampai karena masalah kesehatan yang perlu diwaspadai.Beberapa kemungkinan lain perdarahan setelah berhubungan adalah:
  • Flek cokelat karena hormonal menjelang haid
  • Akibat gesekan selama berhubungan seksual
  • Adanya polip 
  • Adanya tumor jinak atau mioma uteri
  • Luka atau peradangan vagina karena vagina kering
  • Infeksi pada organ kewanitaan
  • Efek KB atau kontrasepsi
Jika baru flek coklat terjadi 1-2 kali dan hanya sebentar tidak perlu dikhawatirkan, bisa upayakan untuk berikutnya melakukan pemanasan atau foreplay lebih lama, tidak terburu-buru melakukan penetrasi, lakukan hubungan bisa dengan menggunakan kondom dan pelumas tambahan.Tetapi jika sering timbul flek cokelat diluar siklus menstruasi maka perlu diperiksakan agar dipastikan apa yang jadi penyebabnya pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Upayakan juga menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksmenstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil