Kelumpuhan Akibat Operasi Otak, Apakah Bisa Disembuhkan?

S Info Penanya: S, Pria, 29 Tahun
Salam sehat Dokter,Saudara saya yang terlibat kecelakaan mengalami kelumpuhan setelah operasi otak karena ada luka di bagian kepala yang cukup parah hingga tidak sadarkan diri,dan harus menjalani operasi tersebut. Tetapi setelah menjalani operasi dan mulai sadar, separuh dari badannya tidak bisa bergerak (lumpuh),dan pandangan matanya seakan kosong. Apakah ia bisa sembuh dari kelumpuhannya dan ingatannya? Atau apakah ini hanya bersifat sementara? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak S,

Cedera pada otak atau luka pada otak penyembuhannya sangat berbeda dengan jaringan tubuh lainnya. Bekas luka pada jaringan lain umumnya tidak mempengaruhi fungsi dari organ tersebut,namun sangat berbeda dengan jaringan otak. Luka pada otak sangat jarang sembuh sampai mencapai kesempurnaan sama dengan kondisi sebelum luka terjadi. Bekas luka yang ditinggalkan di jaringan otak saja dapat menyebabkan gangguan hantaran listrik dan kejang di sepanjang sisa hidup pasien.

Karena setiap bagian otak mempunyai tugas sendiri-sendiri untuk koordinasikan fungsi dari setiap organ tubuh lain, maka contohnya bila kerusakan otak mengenai bagian yang mengatur pusat pergerakan yang cedera, maka pergerakan akan terganggu. Atau juga bila  bagian otak yang mengatur pusat bicara yang cedera, maka proses bicara akan terganggu, dan seterusnya.

Untuk saat ini masih terlalu dini untuk memvonis kerusakan permanen yang akan timbul pada saudara Bapak. Yang terpenting adalah untuk mengikuti pengobatan, latihan dan fisiotherapy secara bertahap untuk menunjang kesembuhannya. Ikuti nasihat Dokter dan bangun semangat saudara untuk berusaha dan berlatih terus mencapai kesembuhan.

Selalu kunjungi Dokter untuk berkonsultasi dan memantau kemajuan dari kesehatan saudara.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memancungkan hidung dengan mencubitnya belum terbukti secara ilmiah

Cara Memancungkan Hidung dengan Mencubit, Mitos Atau Fakta?

Beberapa orang mungkin merasa kecewa dengan bentuk hidung yang dimilikinya. Tak heran apabila mereka berlomba-lomba ingin memancungkan hidung. Bukan dengan mencubit hidung, Anda sebaiknya tahu cara memancungkan hidung yang aman dan efektif.