Apakah Sifilis Bisa Sembuh?

A Info Penanya: A
Dok 1 minggu yang lalu kelamin saya mengeluarkan nanah, badan kadang terasa lemas, timbul ruam merah, benjolan di leher.Ternyata saya spilis, saya sudah berobat dan alat vital saya sudah tidak mengeluarkan nanah, tapi rasa lemas masih kadang muncul. Apakah saya belum sembuh yaa dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sifilis merupakan penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Rute pertama penularan sifilis melalui kontak seksual. Gejala sifilis berdasarkan tahapannya :

  1. Sifilis primer
    Gejala muncul 10-90 hari setelah terpapar bakteri penyebab sifilis (luka lecet dikulit yang tidak terasa sakit, muncul di area sekitar kelamin)
  2. Sifilis Sekunder
    Muncul beberapa minggu setelah luka menghilang (ruam yang mencul dibagian tubuh manapun, disertai demam, lemas, nyeri otot, sakit tenggorokan, pusing, pembengkakan kelenjar gerah bening, rambut rontok, serta penurunan berat badan)
  3. Sifilis Laten
    Bakteri tetap ada, tapi sifilis tidak menimbulkan gejala apa pun selama bertahun-tahun. Selama 12 bulan pertama tahap sifilis laten, infeksi asih bisa ditularkan.
  4. Sifilis Kongenital
    Bila ibu hamil terkena sifilis, infeksi juga bisa menyebar kepada anaknya, baik sejak dalam kandungan atau saat persalinan.

Sifilis bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Namun walaupun sudah diobati penyakit sifilis bisa benyerang menyerang dua kali. Cara mencegah Penyakit Sifilis Kambuh jalani pengobatan sifilis hingga tuntas dan Tidak berhubungan seks tidak aman dalam masa pengobatan. Jika Anda mengalami keluhan seperti luka ruam, terutama di selangkangan atau keluar cairan yang tidak biasa, maka segera periksakan ke dokter spesialis kulit.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.