Keluhan sakit pada punggung serta bokong, apa penyebabnya?

R Info Penanya: R, Wanita, 17 Tahun
Siang Dok, saya sering mengalami sakit dan rasa berat di punggung saya. Tidak hanya punggung saya, bagian bokong saya juga terasa sakit dan sangat ngilu. Kira-kira apa penyebab sakit punggung dan bokong saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Ibu R,

Keluhan nyeri pada punggung dan bokong, terbanyak disebabkan karena masalah pada otot di daerah tersebut. Kelelahan otot dan cedera pada otot seringkali disebabkan karena posisi tubuh yang tidak benar saat bekerja dan aktifitas fisik sehari – hari.

Kelelahan dan cedera otot ini menyebabkan peradangan pada jaringan otot, dan salah satu tandanya adalah nyeri atau sakit. Rasa nyeri menyebabkan otot secara alami akan menegang untuk membatasi pergerakan, padahal semakin otot menegang maka semakin berat cedera yang dialami otot, dan rasa nyeri semakin bertambah.

Pada umumnya kelelahan pada otot akan sembuh dengan sendirinya setelah  beristirahat cukup dengan tidur 7 sampai 8 jam sehari. Rasa nyeri dapat berkurang dengan diberikan obat penghilang sakit yang dijual bebas, pijat ringan dan diberikan balsem hangat di bagian yang kaku. Lakukan juga olahraga ringan dan teratur serta peregangan otot setiap hari.

Bila keluhan berlanjut, maka Ibu dapat mengunjungi Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis (SpRM) atau Dokter Spesialis Syaraf (SpS) untuk berkonsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat,

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cedera otot hamstring umum dialami saat berolahraga, terutama pada atlet lari

Tingkatan Cedera Otot Hamstring Berdasarkan Keparahannya

Cedera otot hamstring merupakan cedera umum yang dialami saat berolahraga, terutama olahraga lari, sepakbola, dan bola basket. Penanganan cedera otot hamstring dilakukan tergantung tingkat keparahannya.