09 Jun 2021, 17:50Kandungan

Keluar darah warna hitam dari vagina, apa penyebabnya ?

TA
Info Penanya: TA0
Dok,saya sdh 3 hari belakangan ini ada cairan berwarna hitam yg keluar dari Miss V saya. Kalau boleh tahu itu karna apa? Dan bagaimana cara mengatasinya?
61 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, T.Saat keluar carian dari miss V terutama cairan berwarna hitam maka membuat wanita takut akan suatu penyakit yang menimpa dirinya. Cairan hitam dari miss V bisa diikuti rasa nyeri perut atau tanpa gejala. 

Apa yang menyebabkan keluar cairan hitam dari miss V ?

Miss V dapat mengeluarkan cairan dalam keadaan normal maupun abnormal. Cairan miss V normal jika berwarna bening, tanpa adanya rasa gatal dan bau. Biasanya cairan normal keluar saat masa subur, adanya ransangan seksual, menjelang haid atau setelah haid selesai.Namun ada beberapa kondisi cairan abnormal keluar dari miss V termasuk cairan berwarna hitam seperti :
  • Infeksi saluran kemih.
  • Keputihan karena bakteri.
  • Infeksi serviks.
  • Endometriosis.
Selain penyebab di atas, cairan hitam dari vagina dapat disebabkan oleh darah menstruasi yang berumur tua dimana darah tersebut akan segera dihancurkan tubuh, jumlah darah vagina, atau lamanya darah terpapar udara yang membuat warna menjadi lebih hitam.Selama darah dalam jumlah sedikit tanpa ada rasa nyeri dan bau, Anda tidak perlu cemas. Jika darah semakin banyak disertai nyeri perut luar biasa, segera kontrol ke dokter kandungan. Jaga kebersihan miss V, ganti pakaian dalam lebih sering, dan jalani hidup sehat ya.Semoga bermanfaat.salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidflek hitamgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil