16 Mar 2021, 10:41Kandungan

Keluhan telat menstruasi dan hasil testpack positif

SK
Info Penanya: SK0
Selamat siang, saya mau bertanya saya telat menstruasi sudah 1 bulan dan saya coba pake TP dan hasilnya positif setelah di TP 2 Minggu saya mengeluarkan darah seperti menstruasi selama 5 hari dan saya periksa untuk USG dan pas di USG itu kosong tetapi saya coba lagi untuk TP dan hasilnya masih positif,,,itu bagaimana ya dok ?
152 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam SK,Testpack positif dapat merupakan tanda kehamilan. Untuk memastikan apakah hamil atau tidak maka perlu dilakukan pemeriksaan USG. Apabila hasil USG tidak menunjukan adanya kantung janin ataupun tanda kehamilan lain maka ada beberapa kemungkinan yang bisa jadi penyebabnya.

Testpack positif setelah perdarahan

Perdarahan yang terjadi sendiri bisa karena keguguran, kehamilan diluar kandungan/ektopik ataupun penyebab lain. Apabila terjadi keguguran dan jaringan sudah benar-benar keluar maka saat USG bisa bersih dan testpack bisa tetap positif hingga beberapa minggu. Hal ini disebabkan karena kadar hormon kehamilan masih bisa terdeteksi sampai 4-6 minggu kedepan dan akan berkurang dan negatif seiring berjalannya waktu.Meskipun begitu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan lain untuk meminta opini kedua untuk kondisi yang terjadi pada Anda untuk dipastikan apa kondisinya. Selain dilakukan pemeriksaan USG ulang dan USG transvaginal, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan lab untuk memastikan kadar hormon HCG pada tubuh secara kuantatif sehingga bisa diketahui dengan pasti kadarnya apakah benar karena kehamilan sebelumnya atau tidak. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilankeguguranmasalah kehamilanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil