25 Feb 2021, 13:23Kandungan

Apa yang menyebabkan sakit kepala, apakah efek KB 3 bulan ?

TA
Info Penanya: TA0
Assalamualaikum Pak/ bu Dokter . Begini saya melahirkan tanggal 9 desember 2020 , saya tanggal 2 februari Karena sudah selesai nifas saya suntik KB 3 Bulan , dan 5 hari setelah itu saya Hubungan badan dengan suami,dan keluar Di dalam .. Setelah Di suntik kb itu saya sering mendapat keluhan meriang sakit kepala dan lemas , apakah it normal , dan 3 hari ini saya mengalami ada keluar lendir beserta Sarah sedikit .. Itu kenapa ya Pak/ bu Dokter ...
291 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, T.Suntik KB 3 bulan adalah alat kontrasepsi yang mengandung hormon progestin dimana hormon progestin tidak menganggu produksi ASI sehingga dapat digunakan oleh ibu menyusui. Suntik KB 3 bulan dapat dipakai untuk mencegah kehamilan dengan mengentalkan saluran reproduksi wanita, menghambat keluarnya sel telur dari ovarium dan menipiskan persiapan dinding rahim untuk menempelnya janin.

Apa yang menyebabkan sakit kepala, apakah efek KB 3 bulan ?

Salah satu satu efek samping suntik KB 3 bulan adalah nyeri kepala karena kandungan hormon di dalamnya. Namun efek ini tidak terjadi pada setiap wanita. Selain itu nyeri kepala, pusing, meriang dan lemas yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh kurang istirahat karena mengasuh anak yang masih bayi, tekanan darah rendah, anemia, maupun mekanisme tubuh saat bakteri maupun virus mencoba masuk menginfeksi.Selain itu, efek samping sunik KB 3 bulan lainnya antara lain perdarahan di luar siklus haid berupa flek kecokaltan, siklus haid menjadi terganggu, penurunan nafsu seksual dan vagina menjadi kering.Anda dapat membantu menstabilkan hormon dan meningkatkan imun tubuh dalam melawan penyakit dengan olahraga secara rutin, konsumsi makanan yang sehat, hindari paparan rokok, tidak konsumsi alkohol, istirahat cukup dan mengelola stress dengan baik. Kontrol ke dokter spesialis kandungan jika nyeri kepala dan flek berlanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil