25 Dec 2020, 12:41Penyakit Lainnya

Penyebab badan panas dingin disertai batuk dan pilek

YD
Info Penanya: YD0
Dokter saya nak tanya nih. Tangan Saya sudah 6bulan Ini sakit terus , sudah di rongsen tapi tak kelihatan sakit apa. Sekarang badannya panas dingin dan seluruh badan sakit juga batuk, pilek, serta muntah. Apa solusi untuk sembuh ya dokter???
18075 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Y.Tangan merupakan organ yang selalu digunakan terutama saat beraktifitas. Gangguan pada tangan dapat disebabkan oleh cidera, masalah pada otot dan tulang, infeksi, atau gangguan saraf membuat fungsi tangan menjadi terganggu. Sakit yang dirasakan dapat menetap, hilang timbul ataupun memberat.

Penyebab tangan sakit selama 6 bulan

Keluhan nyeri pada tangan Anda harus dicari tahu penyebabnya agar bisa diatasi. Jika saat dirongten tidak terlihat kelainan, maka penyebab sakit bukan dari masalah tulang tangan Anda, melainkan masalah yang lain seperti nyeri otot, neuropati akibat kekurangan vitamin saraf, penekanan dan pemakaian tangan secara terus menerus, atau masalah di tulang belakang dapat membuat tangan menjadi sakit atau lemah.

Penyebab badan panas dingin disertai batuk dan pilek

Badan panas dingin yang Anda rasakan dapat merupakan pertahanan tubuh saat terjadi demam yang akan mencegah panas keluar berlebihan, sehingga tubuh merasa kedinginan. Selain karena demam, rasa panas dingin atau mengigil pada badan dapat disebabkan oleh cuaca yang dingin, kekurangan gizi pada malnutrisi, gula darah yang turun secara tiba-tiba, atau pada keadaan pasien dengan syok. Demam juga merupakan tanda suatu penyakit yang ada di tubuh misalnya infeksi saluran nafas atas yang memberikan gambaran nyeri kepala ringan, hidung tersumbat, dan berair, serta batuk.

Cara menyembuhkan batuk, pilek, yang disertai demam dan muntah

Batuk dan pilek biasanya disebabkan oleh virus influenza atau yang disebut dengan commond cold, dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang diberikan juga merupakan obat pengurang keluhan. Saat Anda batuk pilek, saluran nafas akan menghasilkan lendir berupa dahak yang bertujuan untuk mengeluarkan infeksi virus dari saluran nafas. Produksi dahak yang terlalu banyak akan menyebabkan mual dan muntah. Anda harus mengkonsumsi makanan bergizi, minum yang cukup, dan vitamin seperti vitamin C dengan dosis 1 x 500 mg setelah makan untuk menaikkan imun tubuh. Selain itu, Anda juga wajib memakai masker dan menjaga jarak, serta sering mencuci tangan dengan sabun walau di dalam rumah untuk mencegah terjadinya penularan kepada anggota keluarga yang lain.

Kapan harus ke dokter ?

Anda dapat ke dokter jika batuk, pilek, dan demam diikuti dengan kesulitan bernafas, kehilangan penciuman, dan kehilangan rasa. Tidak lupa pula jalankan protokol kesehatan saat memeriksakan diri ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga segera sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasansesak napascoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil