18 Nov 2020, 13:18Penyakit Lainnya

Keluhan benjolan dari anus seperti bisul

SM
Info Penanya: SM0
Dok, sy berumur 21 thn.disebelah kiri anus saya ada benjolan,seperti bisul tapi tidak ada matanya. Sudah pecah. Menjadi lubang seukuran jempol saya.sekarang sudah tertutup namun masih meninggalkan lubang yg sangat kecil,biasanya keluar air atau mungkin nanah. Kejadian ini sudah lama dok,namun belum juga membaik. Mungking sudah berjalan 5 tahun.sampai skrg masih menimbulkan rasa sakit kalau saya selesai bab atau duduk sangat lama. Tapi kalau tidak ya seperti biasa saja. Gimana ya dok solusinya?
252 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi SM,Benjolan di anus adalah keluhan yang disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti karena wasir, adanya benjolan akibat penumpukan nanah atau disebut abses, bisa karena pertumbuhan kulit atau disebut skintag, adanya infeksi seperti kutil, luka pada area sekitar anus yang disebut fissura ani.

Fistula ani, saluran abnormal

Jika ada lubang dan pecah dikhawatirkan bisa disebabkan oleh hal lain yaitu disebutnya fistula ani. Fistula ani adalah adanya lubang yang membentuk saluran yang bisa sampai ke usus besar. Penanganan fistula ani ini memerlukan tindakan medis untuk membersihkan nanah dan infeksi yang terjadi dan menutup saluran tersebut.Periksakan diri pada dokter spesialis bedah terlebih jika sudah bertahun-tahun agar dilakukan penanganan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala diantaranya:
  • Hindari terlalu banyak duduk
  • Hindari memecahkan benjolan
  • Menjaga asupan makan agar buang air besar tidak keras seperti dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah
  • Kompres bagian yang nyeri dengan air hangat
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol
Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
nyeri anuswasirhemorrhoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil