12 Nov 2020, 03:09Penyakit Lainnya

Keliyengan, mata kunang-kunang, mudah stres, masuk angin, cepat lelah, tidak bisa tidur, berat badan turun

SS
Info Penanya: SS0
Hallo dok kenapa saya sering kliyengan, mata berkunang", mudah stres, mudah masuk angin, mudah lelah, tidak bisa tidur, tidur selalu diatas jm 03.00, berat badan mudah turun
2005 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, SS.Tidur adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh semua umat manusia. Pasalnya, saat tidur sebenarnya tubuh manusia tetap bekerja dan melakukan tugas yang berbeda dengan saat terjaga. Misalnya, saat tidur terjadi pembakaran lemak, perapian memori pada otak, pembentukan beberapa hormon, serta pergantian dan pembaharuan sel-sel tubuh.Apabila sering tidak bisa tidur hingga pukul 03.00, maka tentunya jam tidur akan berkurang. Apabila hal ini terjadi secara kronis, maka fungsi tubuh akan tidak optimal dan menimbulkan berbagai keluhan kesehatan, misalnya nafsu makan yang berubah (bisa meningkat atau menurun) karena tidak seimbangnya hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Lama-kelamaan, berat badan juga dapat naik atau turun secara drastis.Keluhan lain seperti sering pusing, sakit kepala, keliyengan, kelelahan berlebih, serta gejala-gejala psikologis seperti mudah marah, sulit berkonsentrasi, dan stres berlebihan juga dapat dialami karena kurang tidur. Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas mungkin saja menyerang.Untuk itu, yang saat ini perlu Anda lakukan adalah memperbaiki jam tidur Anda, dengan melakukan cara-cara berikut:
  • Tambah satu jam waktu tidur Anda setiap harinya, hingga mencapai 7-9 jam tiap malam
  • Atur suasana kamar menjadi kondusif untuk tidur (matikan lampu, pastikan suhu tidak terlalu dingin, hindari kebisingan)
  • Gunakan tempat tidur yang nyaman
  • Gunakan essential oil dengan aroma menenangkan, misalnya lavender
  • Hindari penggunaan telepon genggam mulai dari pukul sembilan malam
  • Konsumsi makan malam tidak lebih dari pukul delapan
  • Pastikan tubuh terkena paparan cahaya matahari pada pagi dan siang hari
Apabila dengan cara-cara di atas Anda tetap tidak bisa tidur, diskusikan kondisi Anda kepada dokter spesialis kejiwaan agar mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tidurgangguan tidurkurang tidur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil