10 Oct 2020, 02:06Kulit & Kelamin

Keluhan terdapat benjolan di bagian bawah vagina

CD
Info Penanya: CD0
Hallo dok, saya perempuan. Saya ingin bertanya, sudah dari beberapa bulan yang lalu, saya menyadari bahwa ada seperti daging halus yang muncul dibagian bawah vagina saya dok,ukurannya sedang, jadi seperti menghambat miss V,karna posisinya itu tepat ditengah, tidak berada disamping, daging halus itu berwarna putih kepink"an, seperti daging ayam mentah, pertanyaan saya, daging halus apakah yang muncul itu? Apa penyebabnya dan apakah berbahaya? Terima kasih?
1020 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang CD,Benjolan pada vagina adalah keluhan yang bisa beragam penyebabnya seperti infeksi kulit, pertumbuhan benjolan yang abnormal, iritasi ataupun penyebab lainnya. Beberapa hal yang mungkin jadi penyebab benjolan tersebut diantaranya:
  • Kista bartholin jika letaknya di bibir vagina, yaitu kantung berisi cairan
  • Varises atau pelebaran pembuluh darah vena
  • Kutil kelamin
  • Jerawat
  • Herpes
  • Skin tag atau lipatan kulit berlebih
  • Peradangan kulit atau vagina
Jadi untuk memastikan apa penyebabnya perlu diperiksakan secara langsung pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Coba ceritakan keluhan pada orang tua agar diantar memeriksakan diri. Perhatikan juga ada tidak keluhan lain yang menyertai seperti misalnya rasa gatal, keputihan, nyeri saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan seksual, benjolan yang bertambah jumlahnya, benjolan yang makin besar ataupun gejala lain.

Penanganan benjolan vagina

Penanganan sendiri bisa dilakukan pengobatan dengan obat topikal atau obat oles ataupun tindakan untuk menghilangkan benjolan tersebut seperti misalnya dilakukan pengeringan kista jika penyebabnya kista, operasi kecil atau kauterisasi untuk membuang benjolan tersebut jika penyebabnya herpes ataupun tindakan lain sesuai dengan penyebabnya.Hindari menggaruk atau mencoba memecahkan atau menghilangkan benjolan tersebut dengan cara yang tidak steril untuk mencegah terjadinya infeksi dan juga iritasi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
benjolkelamin perempuanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil