Tidak haid selama 7 tahun, apakah berbahaya ?

A Info Penanya: A
Sy mau bertanya dok.. Sy suda 7 tahun tidak haid, skg sy suda umur 32.. Apkah berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Keadaan tidak haid dapat terjadi karena berbagai faktor yang dapat dipicu oleh gangguan kesimbangan hormon atau oleh kondisi medis dan penyakit tertentu. Keadaan ini mungkin sudah pernah dialami oleh sebagian besar wanita namun derajat keparahan serta faktor penyebabnya dapat berbeda-beda.

Adapun berbagai faktor dan kondisi medis penyebabnya yang meliputi :

  • status gizi tidak normal, baik kelebihan maupun kekurangan
  • kelelahan
  • stres dan gangguan emosional yang tangah labil lainnya
  • pola makan tidak sehat
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • terlalu banyak berolah raga atau tidak berolah raga sama sekali
  • kondisi medis dan penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium atau PCOS serta gangguan lainnya seperti penyakit pada kelenjar tiroid

Mengenai keadaan tidak haid selama 7 tahun pada Anda, tentunya dapat dikatakan keadaan yang tidak normal karena secara normal wanita mengalami siklus haid setiap 21-35 hari. Namun, yang perlu Anda pastikan untuk mengetahui bahaya atau tidaknya adalah dimana letak permasalahannya. Apakah ada pada hormon pengatur siklus haid Anda, atau adanya gangguan pada alat reproduksi Anda yang mendasarinya, serat masih ada berbagai kemungkinan kelainan lainnya yang perlu diselidiki. Untuk dapat mengetahuinya, hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan diri lebih lanjut pada dokter Kandungan. Dokter Kandungan akan membantu mencari letak kelainan yang Anda alami dan membantu memberikan penanganan yang terbaik sesuai dengan kondisi medis yang mendasarinya.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba cara alami seperti yang tertera pada artikel berikut untuk dapat membantu mengatasi keluhan haid tidak lancar pada Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
07 Sep 2020, 21:25
Dokter.. Kalau keputihan sperti susu kental agak beramis apakah berbahaya? Dan apakah berpengaruh buruk ketika melakukan hubungan intim dgn suami?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
08 Sep 2020, 16:06
Selamat sore AR,
Keputihan yang kental dan berbau amis tentu ada masalah pada area kelamin Anda. Jaga kebersihan kelamin Anda dengan rutin membasuh kelamin dari depan ke belakang dan dilap kering agar tidak lembap, hindari celana ketat, dan gunakan kondom bila berhubungan seksual. Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin bila keluhan Anda tidak membaik.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan hormon seseorang

10 Cara Menyeimbangkan Hormon, Sudahkah Anda Lakukan?

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu penyakit seperti obesitas hingga diabetes. Cara menyeimbangkan hormon bisa dimulai dari menjaga kualitas tidur hingga pola makan.