Apakah pil KB bisa menyebabkan flek darah?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 1 Tahun
Sore dok ... Saya umur 27thn ... Kmarin saya sudah mendapat mens di tgl yg sama dengan bulan lalu .. Pertanyaan saya,seminggu setelah haid saya mendapatkan flek namun pagi harinya bercak darah merah segar .. Hingga 3hari tidak beraturan datangnya hingga saat ini ... Pagi ada sore tidak .. Kenapa seperti itu?? Apa efeksamping pil kb micro..... Yg saya konsumsi? Teromakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NSP.

Salah satu kontrasepsi yang menjadi pilihan para pasangan adalah pil. Ada beberapa jenis pil, dimana tiap-tiap pil mengandung hormon yang berbeda. Dengan mekanismenya masing-masing, setiap pil tersebut dapat memengaruhi hormon alami tubuh, sehingga sperma tidak bertemu dengan sel telur dan tidak terjadi kehamilan.

Tetapi, karena hormon alami tubuh berubah, ada beberapa efek samping yang sering terjadi pada pengguna, yaitu:

  • Siklus haid yang berubah, bisa memanjang atau memendek
  • Timbul flek di luar masa haid, seperti yang Anda alami
  • Emosi yang tidak stabil
  • Nyeri pada perut dan payudara, serta bagian tubuh lainnya

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi non-hormonal, misalnya IUD atau kondom. Bicarakan dengan pasangan berapa lama ingin menunda momongan, karena masing-masing kontrasepsi memiliki jangka waktu, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda.

Kemungkinan lainnya bisa saja flek tersebut adalah bercak implantasi tanda kehamilan, apabila Anda mengonsumsi pil tidak teratur. Atau, apabila ada kegagalan pil menunda kehamilan, dimana sebenarnya kemungkinannya sangat kecil, yaitu sekitar 1%.

Untuk memastikan, atau apabila flek berlangsung lebih dari 14 hari berturut-turut, atau disertai dengan nyeri perut, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab perut kembung masuk angin dan hamil, ternyata sulit dibedakan.

Perbedaan Perut Kembung Masuk Angin dan Hamil

Perbedaan perut kembung masuk angin dan hamil menjadi "misteri" yang sulit untuk dipecahkan. Wanita yang sedang mengidamkan momongan tentu sangat penasaran, bisakah kita mengetahui perbedaan kembung akibat masuk angin dan gejala kehamilan?