26 May 2020, 16:59Penyakit Lainnya

Masih merasa sesak dan batuk, apa penyebabnya?

HS
Info Penanya: HS, Wanita, 15 Tahun
Assalamualaikum dok, saya mau tanya saya baru mengalami sakit asam lambung tapi sudah sembuh, tapi saya masih merasakan sesak udah ada seminggu juga batuk lalu dada dan punggung saya sering sakit seta otot kiri pegl2 pada malam hari itu penyebab apa ya dok? Terimakasih
19158 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang HS,Sesak dan batuk adalah gejala yang kerap timbul baik karena masalah pernapasan, masalah pencernaan seperti asam lambung dan maag ataupun karena penyebab lainnya.Apabila sebelumnya mengalami sakit asam lambung, maka perlu menjaga pola makan dan kebiasaan sehari-hari. Perlu menghindari pantangan-pantangan makan karena asam lambung bisa kembali kambuh dan menimbulkan sesak. Beberapa pantanganany adalah:
  • Hindari makanan pedas
  • Hindari makanan asam
  • Hindari makanan bersantan
  • Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, cokelat
  • Upayakan jangan stres, cemas ataupun beban pikiran lain

Batuk dan punggung nyeri

Jika batuk lebih dominan, bisa juga ada masalah di saluran pernapasannya. Jadi ada baiknya hindari pemicu batuk seperti udara dingin, debu, asap rokok, makanan berminyak dan pemicu lain. Bisa konsumsi obat pereda batuk seperti guafenesin 3 kali sehari.Batuk juga bisa menyebabkan otot menjadi tegang dan menimbulkan rasa pegal. Upayakan lebih banyak minum air putih dan bisa kompres bagian yang pegal dengan air hangat untuk meredakannya.Jika keluhan tidak juga membaik, kembali periksakan diri untuk memastikan apa penyebabnya. Dokter juga bisa meminta pemeriksaan tambahan untuk menilai apa penyebab sesak seperti salah satunya adalah foto rontgen. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asam lambungsesak napasgangguan pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil