Bisul di area rambut vagina

AN Info Penanya: AN
halo dok, ada bisul di dengan rambut vagina saya awalnya satu tp kemudian bertambah warnanya merah dan agak besar tp sdh lebih sminggu blm hilang gak ada nanah terakhir mmg sy pernah cukur, tp sy mmg selalu kencing2(beseran) pernah berobat tp ga tuntas ISK. maka dari itu cd sy suka lembab dan selalu basah krn terlalu sering BAK apakah itu salah satu penyebabnya? dan jg haid sy tdk lancar dan lama baru selesai sy bingung mau konsul ke dokter kandungan atau kulit tlg bantu sy
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN, 

Bisul di area rambut kemaluan adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti infeksi kulit, peradangan folikel rambut atau folikulitis, infeksi kutu rambut kemaluan, infeksi parasit lain seperti kudis, ataupun karena infeksi virus seperti kutil atau molluscum contagiosum.

Jika sebelumnya ada riwayat mencukur rambut kemaluan, maka bisa mengarah pada infeksi kulit karena bakteri ataupun peradangan folikel rambut kemaluan. Hal ini bisa karena alat cukur yang kurang bersih ataupun karena lembab. Untuk itu beberapa hal dapat dilakukan agar membantu mengatasinya seperti:

  • Jaga luka kering dan bersih
  • Hindari lembap dengan mengeringkan sampai benar-benar kering setelah membasuh sehabis buang air 
  • Gunakan salep antibiotik untuk mengatasi bisul dengan memeriksaan pada dokter umum atau dokter kulit
  • Jangan menggaruk atau memecahkan bisul agar tidak terjadi iritasi atau infeksi lain
  • Jika luka membesar atau nyeri bisa kompres dengan air hangat 
  • Jika terasa gatal bisa konsumsi obat antihistamin seperti chlorpheniramine maleat

Jika keluhan tidak membaik, nantinya perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi infeksi tersebut baik dengan operasi kecil ataupun penanganan lain seperti misalnya perawatan laser. Jadi segera periksakan pada dokter ya jika bisul tetap besar ataupun menjadi nyeri atau pecah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.