Paska operasi usus buntu kenapa sering mual?

KK Info Penanya: KK
Dok...suami saya tanggal 15 juni kmrn abis operasi usus buntu....dua minggu istirahat dirumah,setelah masuk kerja lagi....pasca operasi kok jadi sering mual,susah BAB trus perut bagian tengah bawah sakit......mohon penjelasannya....Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KK.

Operasi usus buntu atau yang dikenal pula dengan istilah Appendectomy merupakan suatu prosedur bedah yang bertujuan untuk menghilangkan bagian usus buntu yang terinfeksi dan mengalami peradangan (apendisitis). Operasi usus buntu umumnya dibutuhkan bagi penderita radang usus buntu akut dan perlu dilakukan dalam periode waktu tertentu (golden period). Apabila melewati batas waktu tersebut, usus buntu yang telah terinfeksi berisiko untuk pecah (perforasi) dan mengakibatkan infeksi bakteri menyebar ke seluruh bagian rongga perut dan menimbulkan keadaan kegawat daruratan.

Mengenai keluhan yang dialami oleh suami Anda, sebelumnya apakah pasca operasi sudah besitirahat sesuai anjuran dokter Bedah yang menangani dan apakah sudah kontrol kembali, karena hal tersebut dapat sangat mempengaruhi keadaan jangka panjang pasca operasi terkait proses pemulihan yang mungkin tidak terjadi secraa sempurna atau belum benar-benah pulih. Ada baiknya untuk mengajukan cuti agar dapat beristirahat terlebih dahulu dirumah dalam beberapa waktu.

Adapun beberapa risiko dan komplikasi dari operasi usus buntu yang meliputi :

Untuk memastikan tidak terjadinya risiko dan komplikasi dari prosedur operasi usus buntu yang telah dijalani, kontrolah kembali kepada dokter Bedah yang menangani operasi usus buntu suami Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

biaya operasi untuk menghilangkan polip rahim

Cara Mengatasi Polip Rahim Agar Cepat Hamil

Dalam beberapa kasus, polip dalam rahim harus diangkat lewat operasi agar tidak menyebabkan masalah kesuburan yang membuat wanita sulit hamil.