Keluhan pada mulut seperti pipi bagian dalam membengkak

SK Info Penanya: SK, Pria, 2019 Tahun
Dok,saya ingin bertanya. Saya laki-laki 29thn. Belum lama ini saya punya keluhan pada area mulut saya. Awalnya saya kira hanya gusi bengkak tapi tiap kali bengkaknya kambuh saya amati lagi area gusi yg bengkak didepan cermin dan ternyata bukan gusi yg bengkak dok melainkan pipi bagian dalam ada semacam urat/saraf sepanjang -/+5cm membengkak/menggumpal sampai terkadang keluar cairan sprti nanah & beraroma amis dok. Mohon jawaban atas keluhan saya tersebut dok. Terima kasih atas waktu,jawaban, serta sarannya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SK,

Masalah kesehatan gigi dan mulut ada beragam dimana gangguan kesehatan dapat menyerang gusi, gigi, lidah, dinding mulut dan jaringan lain di dalam rongga mulut. Keluhan gusi bernanah merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat timbul penyebabnya sendiri diantaranya adalah:

  • Kebersihan mulut yang kurang baik
  • Periodontitis atau infeksi pada jaringan lunak dan tulang yang menopang gigi
  • Radang gusi 
  • Adanya gigi berlubang yang tidak ditangani sehingga menimbulkan infeksi bakteri
  • Kebiasaan merokok

Untuk itu perlu pemeriksaan secara langsung pada dokter gigi guna memastikan penyebabnya. Nantinya juga akan dilakukan tindakan untuk mengatasi keluhan yang timbul seperti pembersihan karang gigi, perawatan saluran akar, pembersihan nanah yang ada atau tindakan kuret gusi, dan juga penanganan lain yang diperlukan. 

Penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menggosok gigi setiap harinya minimal 2 kali sehari, menghindari merokok dan periksakan gigi Anda pada dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berapapun usia Anda, gigi palsu tetap perlu dipasang untuk menggantikan gigi yang telah lepas

Mengenali Jenis-jenis Gigi Palsu dan Perbedaanya

Pemasangan gigi palsu penting dilakukan, untuk menggantikan gigi yang telah lepas. Bukan hanya karena faktor estetis, gigi palsu juga perlu dipasang agar fungsi pengunyahan rongga mulut, bisa kembali baik.