Keluhan Pada Masa Kehamilan yang Normal

DN Info Penanya: DN, Wanita, 30 Tahun
Sore dok, saya memiliki beberapa keluhan selama masa kehamilan. Sekarang ini usia kehamilan saya sudah tujuh bulan satu minggu. Keluhan saya adalah, saya tidak makan dalam porsi yang banyak karena sat makan dalam porsi yang banyak, saya merasa kembung. Meskipun demikian, saya selalu ingin nyemil dan perut saya juga tidak terlalu besar. Namun, saya cepat merasa lelah dan kadang merasakan nyeri pada bagian bawah payudara saya. Terakhir kali saya melakukan USG berat Janin saya adalah 677gr dan normal. Apakah keluhan-keluhan saya termasuk normal? Apakah ukuran berat janin saya juga normal? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu DN,

Sebelumnya selamat atas kehamilannya semoga Ibu dan bayi sehat selalu sampai saatnya melahirkan.

Keluhan yang Ibu sampaikan disini, adalah masih normal saja untuk kehamilan 7 bulan (24 minggu) atau Trimester ke 2. Keluhan mual, muntah dan rasa tidak nyaman diperut yang umumnya dialami di Trimester Pertama kehamilan sudah berkurang dan hilang.

Berikut kami sampaikan hal – hal yang umum dialami oleh Ibu hamil di usia kehamilan 24 minggu dan bagaimana pertumbuhan janin.

Perubahan yang dialami  ibu pada usia kehamilan 24 Minggu

  • Ibu sudah beradaptasi dengan kehamilan yang dialami, perut sudah mulai terlihat membesar.
  • Payudara membesar, pembuluh darah payudara bertambah banyak dan lebar, hal ini sering menyebabkan rasa sakit dipayudara.
  • Terjadi perubahan dalam produksi hormon Reproduksi wanita (progesteron dan Estrogen) mengikuti panduan sbb :
  1. Dalam 20 minggu pertama kehamilan, tubuh memproduksi banyak hormon Progesteron
  2. Di usia kehamilan 20 sampai 22 minggu, tubuh memproduksi hormon Progesteron dan hormon Estrogen dalam jumlah yang sama.
  3. Mulai pada minggu ke-24 kehamilan, jumlah hormon Estrogen dalam tubuh lebih tinggi.
  • Aliran urin (air kencing) masih lambat karena penekanan dari kandungan yang semakin membesar, sebaiknya waspada terhadap infeksi saluran kencing yang mempunyai gejala Buang Air Kecil sakit, mengedan dan terasa panas, badan demam dan sakit perut bagian bawah.

Perkembangan janin pada umur kehamilan 24 Minggu adalah :

  • Wajah janin sudah hampir sempurna, bulu mata sudah tumbuh
  • Panjang janin normal adalah 20 cm dan Berat Badan Janin 750 Gram, janin hampir sebesar buah pisang
  • Telinga sudah selesai terbentuk sehingga janin sudah dapat mengontrol keseimbangan
  • Janin bergerak aktif, tandanya janin dalam kondisi sehat
  • Selanjutnya Berat Badan Janin akan naik sekirat 600 Gram dalam seminggu

Pada kondisi umum, keadaan mual pada Ibu sudah terlewatkan sehingga semua makanan sudah dapat dimakan seperti biasa. Sebaiknya jangan menunggu sampai kelaparan baru makan, tapi makan dalam porsi kecil namun sering contohnya makan 5 x sehari (sarapan, ngemil pagi, makan siang, ngemil sore, dan makan malam).

Lakukan kontrol rutin ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, setiap sebulan sekali, untuk mengetahui perkembangan kehamilan dan perkembangan janin Ibu.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pada pertengahan kehamilan, bayi akan tidur dan bangun secara teratur

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua

Berbagai organ, sistem saraf, dan otot bayi mulai berkembang pada trimester kedua. Pantau dan ketahui perkembangan janin trimester kedua melalui panduan ini!