Mengapa belum menstruasi pasca melahirkan operasi caesar?

JM Info Penanya: JM, Pria, 1 Tahun
saya melahirkan operasi sesar tapi sampai 6 bulan setelah melahirkan sesar saya belum turun mentruasi juga kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, J.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hampir semua wanita yang pasca melahirkan akan mengalami ketidakteraturan dalam siklus menstruasi. Ini merupakan hal yang wajar. Biasanya menstruasi akan kembali normal dalam 6 bulan sampai 1 tahun pasca melahirkan.

Kondisi tersebut disebabkan karena setelah melahirkan, tubuh akan memproduksi hormon prolaktin. Hormon ini berperan penting dalam produksi ASI dan memberikan efek pada siklus menstruasi wanita. Hormon ini membuat tidak terjadinya ovulasi sehingga membuat seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu tertentu.

Pemberian ASI eksklusif pasca melahirkan bisa menjadi alternatif metode kontrasepsi alami. Ketika seorang wanita aktif memberikan ASI, maka hormon wanitanya pun belum kembali normal sehingga menyebabkan tidak terjadinya haid. 

Itu lah yang menyebabkan sampai sekarang Anda belum mengalami haid pasca melahirkan operasi caesar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Ini merupakan hal yang normal. Yang terpenting adalah Anda masih bisa memberikan ASI eksklusif bagi bayi Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.