Keluhan mendengkur, berat badan ideal dan tidak ada amandel. Bagaimana cara mengatasinya?

DT Info Penanya: DT, Pria, 29 Tahun
Selamat siang dok, saya mau tanya saya punya keluhan mendengkur, Sudah periksa ke dokter THT tidak ada amandel, berat badan juga cukup ideal. Bagaimana ya dok cara mengatasinya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AD

Terima kasih atas pertanyaannya.

Beberapa faktor yang menyebabkan mendengkur, misalnya kelainan anatomi dari hidung dan tenggorokan. Pembesaran pada amandel atau adenoid, polip hidung atau deviasi dinding hidung sehingga terjadi penyempitan saluran tenggorokan saat tidur. Begitu juga jika ada peradangan pada hidung dan tenggorokan akibat infeksi atau alergi. Posisi tidur terlentang pada beberapa orang mengakibatkan mengorok. Pelemas otot seperti alkohol dan obat tertentu bisa mengakibatkan mengorok. Serta bertambahnya usia dan kegemukan, terutama tebal lemak di sekeliling leher.

Mendengkur adalah salah satu gejala sleep apnea, dimana secara tidak sadar ada periode napas berhenti saat tidur. Sehingga kadar oksigen berkurang dan mengakibatkan bangun tidur yang tidak segar. Gejala lainnya sering mengantuk di siang hari, nyeri kepala di pagi hari, bertambahnya berat badan, terbangun di pagi hari merasa kurang istirahat, terbangun di malam hari merasa bingung, berkurangnya konsentrasi, kemampuan mengingat serta tingkat perhatian dan diketahui oleh orang lain ada periode berhenti napas saat tidur.

Sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter ataupun dokter spesialis THT, dan mungkin memerlukan pemeriksaan lanjutan seperti sleep study yang bisa dilakukan di beberapa rumah sakit di kota besar. Setelah itu perawatannya akan disesuaikan dari penyebabnya. Bila tidak ditangani dengan baik dapat menjadi faktor resiko penyakit pembuluh darah (jantung atau otak). Beberapa cara untuk mengatasinya adalah perubahan gaya hidup, tindakan bedah bila ada kelainan anatomi, alat khusus yang dipasang dimulut untuk membantu pernapasan saat tidur dan kadang diberikan mesin khusus yang meniup udara agar saluran napas tetap terbuka. Anda dapat membaca di artikel mengenai cara mengatasi sleep apnea berikut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsentrasi dan kesehatan anak antara lain dipengaruhi oleh durasi serta jam tidurnya.

10 Fakta Menarik tentang Waktu Tidur Anak

Otot-otot pada tubuh anak, termasuk jantung, akan mengalami perbaikan saat tidur. Tidur juga membantu anak mengontrol sinyal yang memberitahu kondisi lapar atau kenyang. Kemampuan ini menunjang anak dalam menjaga berat badan tetap ideal.