02 Mar 2021, 15:30Kandungan

Apakah efek KB 3 bulan?

IT
Info Penanya: IT0
Dok saya suntik kb yg 3 bln tapi saya haid sedikit sedikit dan takteratur itu kenapa ya dok bisa di hentikan soalnya haidnya belum berhenti
211 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam IT,KB 3 bulan adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak digunakan karena mudah digunakan dan hanya perlu disuntikan tiap 3 bulan sekali. Meskipun begitu, KB suntik 3 bulan dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti diantaranya adalah:
  • Siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur
  • Perdarahan menstruasi yang menjadi lebih panjang
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Bisa juga tidak haid sama sekali
  • Menimbulkan nyeri payudara, sakit perut bawah
  • Peningkatan berat badan
  • Reaksi alergi

Ciri-ciri tidak cocok KB 3 bulan

Jika merasa tidak nyaman dengan efek samping yang ditimbulkan ataupun terjadi perdarahan yang belum berhenti, hal ini bisa merupakan ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan. Ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan untuk memastikan masalah menstruasi tersebut karena efek samping KB dan bukan masalah lain pada organ reproduksi seperti akibat adanya kista, polip, endometriosis ataupun miom.Nantinya bisa diberikan opsi untuk mengganti metode KB sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, seperti misalnya apabila masih ingin menunda dalam waktu beberapa tahun dapat disarankan menggunakan IUD atau KB spiral, bisa juga digunakan KB susuk. Tapi jika dalam waktu singkat sudah ingin hamil, bisa dipilih pil KB ataupun kondom. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbkontrasepsiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil