Bagaimana cara mengatasi hidung yang keluar ingus terus-menerus?

BR Info Penanya: BR
Dok, saya dari kecil bisa di bilang ingusan, sudah beberapa kali ke dokter tht ataupun umum tidak ada perubahan, mungkin karna saya pindah pindah klinik atau tempat berobatnya, obat warung juga sudah tidak mempan. asalnya saya sudah pasrah tidak mempermasalahkannya, tetapi sekarang jadi lebih sering keluar ingusnya, bahkan saat udara dingin hidung saya berasa sakit sampe ke tulang. apa sebenarnya yang terjadi pada hidung saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keluar ingus atau pilek terus menerus bisa menjadi tanda Anda menderita penyakit tertentu.

Beberapa kondisi yang menyebabkan pilek terus menerus :

  1. Alergi
    Alergi terhadap suatu alergen (hal yang memicu munculnya alergi), seperti tungau debu rumah atau bulu hewan peliharaan, bisa dipicu oleh serpihan kayu dan serbuk sari.
  2. Sinusitis
    Peradangan atau pembengkakan jaringan dinding yang melapisi rongga sinus. Kondisi ini terjadi ketika sinus yang berisi udara, mengalami penyumbatan dan berisi cairan.
  3. Polip hidung
    Pembengkakan selaput hidung yang terjadi di dalam saluran hidung dan sinus. Polip hidung tidak selalu menimbulkan gejala, terlebih jika berukuran kecil. Namun jika polip berukuran besar, biasanya akan menimbulkan gejala berupa hidung tersumbat, hidung meler, serta lendir yang mengalir ke belakang tenggorokan (postnasal drip).

Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini :

  • Banyak minum air putih hangat
  • Menghirup uap hangat
  • Tidur dengan bantal yang lebih tinggi
  • Kumur dengan air garam

Jika dengan beberapa cara diatas keluhan Anda tidak membaik sebaiknya konsultasikan ke dokter THT untuk mencari tau penyebab pastinya. Jangan lupa untuk kontrol teratur agar dapat di tangani dengan tepat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan merokok bisa menjadi slaah satu penyebab sakit tenggorokan

10 Penyebab Sakit Tenggorokan, Merokok Salah Satunya

Penyebab sakit tenggorokan bisa bermacam-macam, dari infeksi virus dan bakteri hingga penyakit tertentu. Karena itu, penting untuk mengetahui pemicunya agar bisa diobati dengan benar.