09 Dec 2020, 15:53Kandungan

Mengapa haid lebih sedikit dan ada lendir?

RA
Info Penanya: RA0
Maaf dok mau tanya, saya keluar darah terus tapi sedikit kayak keputihan gitu cuman warna nya merah muda udh kurang lebih 5hari, tetapi tidak ada keluhan apa2, itu kenapa ya dok? Terimakasih sebelumnya??
265 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RATerima kasih atas pertanyaannya.Haid adalah peluruhan dinding rahim yang terjadi karena tidak ada pembuahan pada sel telur sehingga dinding rahim yang meluruh ini akan dikeluarkan melalui liang vagina.  Haid pada wanita dapat terjadi setiap 28 hari sekali atau 21-35 hari sekali.  Sebagian besar wanita mengalami haid dengan lama 2-7 hari, volume darah yang dikeluarkan 30-40 ml setiap harinya.  Namun hal ini dipengaruhi  oleh hormon estrogen.  Ketika ada ketidakstabilan hormon dapat menganggu siklus haid seperti menjadi telat haid, haid lebih sedikit dan jarang, haid banyak dan lebih sering.Terkait yang anda tanyakan, bisa jadi anda mengalami haid dengan konsistensi yang berbeda hal ini bisa dikarekanan adanya hormon yang tidak stabil.  Selama tidak gatal atau panas pada vagina, berbau busuk maka hal ini dapat dikatakan tidak berbahaya.Adapun beberapa tips untuk menjaga kestabilan hormon :
  • Istirahat cukup, hindari begadang.
  • Kelola stress dan jaga emosi.
  • Jaga berat badan seimbang.
  • Batasi asupan kurang sehat seperti makanan instan, cepat saji, makanan terlalu pedas, tinggi gula,tinggi kolestrol, minuman teh, kopi, ataupun soda.
  • Perbanyak air putih.
  • Lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jalan santai.
Apabila haid anda tetap seperti ini dalam 3 kali periode haid atau terasa gatal dan panas di vagina tidak ada salahnya periksa dokter kandungan guna penanganan lanjutan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil