Keluhan gangguan keseimbangan rasa bergoyang

WS Info Penanya: WS, Pria
Malam dok, tadi saya merasakan sakit dikepala, lalu setelah minum obat warung, saya langsung rebahan, ketika rebahan badan saya merasakan pusing sampai melihat benda mati pun seolah bergerak, jadi seperti bergoyang dok. Mohon info dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Pak WS,

Sakit kepala umumnya menyertai macam-macam penyakit, pada masalah kesehatan bapak gejala berlanjut dengan sensasi bergoyang ketika rebahan. Menurut ilmu kedokteran maka pengaturan posisi dan keseimbangan tubuh diatur oleh sistem organ yang melibatkan otak, rumah siput di telinga, bola mata, badan saraf di bantalan kulit telapak kaki, dan terakhir otak sebagai fungsi eksekutif tertinggi atau pengambil keputusan.

Ada beberapa kemungkinan masalah kesehatan yang sedang bapak alami:

1. Vertigo perifer jinak atau BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo)

Dicirikan dengan sensasi ruangan bergoyang dan badan terasa oleng mau ambruk, dapat disertai dengan mual dan muntah, dicetuskan oleh perubahan posisi kepala seperti dari berbaring mau duduk atau berdiri dan juga sebaliknya dari duduk mau tiduran atau memiringkan badan. Pada BPPV kontrol yang dijalankan oleh rumah siput di telinga dalam mengalami gangguan karena diduga terbentuk butiran kristal yang mengganggu aliran normal cairan di dalam rumah siput. Vertigo yang ringan dapat sembuh dengan obat-obatan untuk menekan hiperaktivitas saraf, latihan posisi kepala untuk melancarkan aliran cairan rumah siput, dan pengaturan kebiasaan agar berhati-hati menggerakkan kepala ketika beraktivitas (jangan terlalu mendongak atau terlalu menunduk).

2. Penyakit Labirinitis

Akibat dari alergi atau virus atau cedera kepala atau migrain maka terjadi peradangan pada telinga dalam tempat serabut saraf penghantar sensorik berada. Mungkin ada gejala penyerta seperti nyeri telinga, telinga berdengung, demam, hiperaktivitas lendir di hidung maupun tenggorokan dan lain lain tergantung penyebabnya. Umumnya virus akan sembuh sendiri 3-5 hari dengan istirahat dan nutrisi cukup bagi penderitanya.

3. Vertigo sentral

Vertigo sentral dapat disebabkan oleh penyakit yang mengenai otak. Gejalanya ialah pusing berputar menetap lebih lama sampai berhari-hari, disertai gejala kerusakan saraf seperti gangguan penglihatan yang menjadi dobel atau ada bagian yang gelap, kesemutan pada wajah, kesulitan menelan, dan lain lain. Penyakit seperti stroke dan infeksi otak dan tumor otak dapat menyebabkan vertigo sentral.

Untuk mengetahui penyebab memang perlu dikaji dengan seksama oleh dokter spesialis saraf atau dokter umum, dokter juga akan memeriksa telinga dan saraf-saraf apakah ada kerusakan serius atau hanya gangguan fungsi ringan saja. Dokter juga akan melakukan pengamatan pada pergerakan mata. Pada vertigo perifer karena letak gangguan fungsinya di saraf sekitar telinga maka mata akan bergerak kiri-kanan kiri-kanan (nystagmus horizontal) sebagai feedback terhadap impuls saraf dari telinga sedangkan pada vertigo sentral gerakan mata ialah vertikal atas-bawah. Nistagmus juga dapat diperiksa dengan alat electronystagmography bila ada fasilitas. Pada kasus vertigo perifer dengan curiga kelainan otak, dokter akan menyarankan CT scan atau MRI.

Penanganan di rumah meliputi:

  1. Atur posisi tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, dan gerakkan kepala dengan perlahan
  2. Gunakan penerangan yang cukup terutama di malam hari agar mata dapat berfungsi dengan baik menjaga keseimbangan
  3. Tidur malam cukup dan makan makanan seimbang agar fungsi saraf baik
  4. Medical check up teratur agar mengetahui ketajaman penglihatan, fungsi pendengaran, kadar gula darah dan kolesterol yang mempengaruhi sensibilitas dan kinerja saraf keseimbangan.
  5. Latihan Manuver Epley adalah salah satu latihan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi gejala BPPV

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan gemetar bisa saja memiliki penyebab tremor yang berbeda bila gemetaran terjadi di bagian lain tubuh

Penyebab Tremor Bukan Hanya Penyakit Parkinson

Tremor adalah gemetar yang terjadi pada tubuh atau anggota badan yang tidak bisa kita kontrol. Penyebab tremor bisa merupakan hal yang normal, seperti penuaan, kedinginan, dan emosi (misalnya, ketakutan atau kemarahan). Namun ada juga berbagai kondisi medis yang jadi pemicunya.