12 Oct 2020, 12:16Kulit & Kelamin

Miss V gatal dan keputihan, apa saja kemungkinan penyebabnya?

MU
Info Penanya: MU0
Asalamualaikum slamt siang dok, dok dlm bbrapa hari ini sy punya keluhan d Miss v sy, Miss v sering kluar kputihan mngental dn rasa di Miss v sy pun ada rasa panas dn sedikit perih saat m buang air kecil, dn semnjak kluar keputihan sy sampai mnggunakn pembalut, dok sy minta solusinya bagai mna sy mngatasi Miss v sy, dn sy jg brtanya knp dngn Miss vi sy, sy minta jwabn atas keluhan sy itu dok, untk smua nya sy mngucpkn trimakasih sebelum dn sesudahnya?
371 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, MTerima kasih atas pertanyaan AndaMiss V atau vagina merupakan salah satu bagian dari organ reproduksi wanita. Keputihan yang terjadi sesekali menjelang ataupun setelah menstruasi dianggap wajar dan normal. Sedangkan keputihan yang berwarna kekuningan, kehijauan, berjumlah banyak, menimbulkan rasa gatal dan atau nyeri bisa disebabkan oleh adanya kondisi medis lain yang memerlukan pemeriksaan dan penatalaksanaan oleh dokter.

Beberapa kemungkinan penyebab dari keputihan adalah:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan penyebab keputihan yang terasa gatal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi yang telah di sampaikan di atas. Keluhan nyeri saat berkemih bisa disebabkan adanya infeksi saluran kemih, cedera atau luka pada area kelamin, atau karena kondisi medis yang lainnya.Untuk mengetahui penyebab pastinya perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan beberapa pemeriksaan penunjang lain oleh dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Sehingga Anda akan mendapatan tatalaksana dan pengobatan yang sesuai dengan penyebab dari keluhan Anda.

Tindakan sementara untuk mengatasi keputihan adalah:

  • Gunakan pakaian dalam dengan bahan kain katun yang menyerap keringat dan halus dengan ukuran yang sesuai (tidak terlalu ketat), dan gantilah 2-3 kali dalam satu hari
  • Usahakan Anda tidak bergonta ganti pasangan seksual
  • Hindari menggunakan sabun pembersih vagina, penggunaan sabun pembersih vagina dapat menyebabkan flora normal vagina hilang sehingga memperparah kondisi keputihan
  • Ganti pembalut secara berkala 3-4 jam sekali
  • Konsumsi buah dan sayur
  • Jaga kebersihan area kewanitaan
Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
vagina gataltrikomoniasisradang panggulkandidiasis vaginainfeksi menular seksualvaginosis bakteri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil