keluhan dejavu, merasa resah, ingin bunuh diri dan seperti sedang diawasi

A2 Info Penanya: A2, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya,saya sering mengalami deva ju dan ketika keluarga saya pergi dalam jangka waktu 24 jam di dalam pikiran saya selalu terlintas hal yang membuat saya menjadi resah misalnya,keluarga saya mengalami kecelakaan,padahal hal tersebut tak terjadi.Dan ketika saya menangis selalu saja terlintas untuk mengakhiri hidup,walapun saya jarang sekali menangis,dan ketika saya sedang berada disuatu tempat dengan keadaan seorang diri dengan kondisi yang tenang saya selalu merasa sedang diawasi oleh sosok astral.Apakah saya mengalami sesuatu yang aneh dan berdampak dalam psikologis?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Gangguan rasa cemas dan keinginan bunuh diri tersebut memperlihatkan bahwa anda sedang mengalami depresi, sedangkan rasa sedang diawasi padahal dalam keadaan tenang merupakan halusinasi. Saat semua keluhan anda disertai  keinginan untuk bunuh diri dan halusinasi seperti sedang diawasi adalah tanda seseorang sedang mengalami gangguan mental kejiwaan psikotik, jika berlangsung lebih lama akan membawa pada kondisi skizofrenia.

Gangguan mental psikotik dan skizofrenia dapat dicetuskan beberapa hal seperti riwayat dalam keluarga ada yang memiliki gangguan jiwa, tekanan stress tinggi, depresi, riwayat trauma masa lalu dan kelainan neurotransmiter di otak.

Saya sarankan agar anda melakukan aktivitas olahraga, melawan perasaan cemas dengan lebih banyak terbuka dan berbicara dengan orang terdekat, menghindari diri dari suasana yang sendirian. Anda juga harus melawan rasa halusinasi yang dialami dengan mengaggap itu tidak ada. Selain itu anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa (Sp.KJ)/psikiater, biasanya dokter akan memberikan psikoterapi sebagai terapi mental kognitif dan memberikan obat-obatan antidepresi dan antiansietas untuk memperbaiki mood dan menghilangkan kecemasan. Untuk mengatasi halusinasi biasanya dokter akan memberikan obat antipsikotik. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Musik hip hop yang membesarkan nama Rich Brian, ternyata berpotensi untuk pemulihan gangguan mental

Studi: Musik Hip Hop Ternyata Berpotensi Memulihkan Gangguan Mental

Bintang hip hop dan rapper Brian Imanuel Soeworno, yang populer dengan nama Rich Brian, baru-baru ini memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Riset terbaru membuktikan bahwa musik hip hop dapat menjadi terapi gangguan mental.