Haid keluar gumpalan darah, apa wajar?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 25 Tahun
Sore dok... Dok saya mau tanya.. saya sudah menikah.. kemarin pas masa ovulasi saya dan suami berhubungan... terus mendekati masa haid saya merasa mual mual... tpi saya tespack hasilnya negativ.... sudah 2 kali saya cek n masih negativ.... Akhirnya saya haid tpi telat seminggu... skrg haid hari ke3 n pas ke wc keluar gumpalan darah sebesar jari telunjuk,, bentuknya panjang, warnanya merah gitu dok... Itu kenapa yah dok????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA.

Gumpalan darah yang keluar saat haid adalah wajar, apabila keluarnya hanya sesekali selama periode haid tersebut. Gumpalan darah tersebut disebabkan karena zat antikoagulan (antigumpal) yang bekerja kurang optimal, sehingga darah yang keluar masih tampak padat dan tidak encer.

Tetapi, apabila gumpalan tersebut keluar lagi pada hari-hari selanjutnya, dan berlangsung terus-menerus, bisa jadi ada kondisi lain yang sedang Anda alami. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi adalah:

  • Endometriosis
  • Mioma uteri
  • Kondisi hormon yang tidak seimbang
  • Keguguran

Apabila Anda khawatir akan terjadinya keguguran, maka Anda bisa memastikan dengan menggunakan testpack. Pada saat keguguran, hasil tes masih menampakkan hasil positif. Namun, apabila negatif, berarti gumpalan darah tersebut benar-benar bagian dari darah haid Anda, dan hal tersebut masih wajar apabila hanya keluar satu kali.

Lalu, rasa mual yang Anda alami sebelum haid bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon pada saat pre-menstrual syndrome, maupun penyebab lain seperti asam lambung meningkat, mengonsumsi makanan tertentu, dan bukan karena kehamilan.

Apabila Anda saat ini sedang berusaha untuk mendapatkan momongan, maka sebelum berhubungan pada saat ovulasi, pastikan cara menghitungnya benar. Berikut terlampir tautan tentang cara menghitung masa subur sebagai informasi tambahan.

Untuk informasi lebih lanjut, dipersilakan berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan tanda hamil dan keputihan haid bisa dibedakan berdasarkan volume, waktu kemunculan, tekstur, dan warnanya. Keputihan yang merupakan tanda hamil juga biasanya akan disertai gejala lain seperti mual dan kram perut.