09 Dec 2020, 13:10Kulit & Kelamin

Penyebab dan penanganan kencing nanah

GR
Info Penanya: GR0
Dok,mau keluhan saya kmrin sore tiba2 penis mengeluarkan nanah dan sblmnya tidak ada efek yg saya rasakan kondisi sprti itu apa bisa terjadi menggunakan celana dalam ketat selain berhubungan sex ? mhon penjelasannya
214 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo G,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Nanah merupakan tanda suatu gejala penyakit infeksi, salah satunya infeksi saluran kemih akibat penyakit menular seksual yaitu gonorhea. Penyakit ini dapat ditularkan oleh hubungan seksual tanpa pengaman kepada banyak pasangan. Penyakit menular seksual (PMS) yang tidak diatangani dengan baik, dapat menimbulkan komplikasi yang lebih jauh.

Penyebab kencing nanah

Penyebab kencing nanah antara lain :
  • Gonorhea adalah penyakit menular seksual yang sering dikeluhkan laki-laki dengan gejala kencing disertai nanah berwarna kekuningan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri N.gonorrhe. Selain itu gejala yang sering muncul adalah nyeri dan panas saat berkemih. Penyakit ini dapat menularkan pasangan dan menimbulkan "pinpong fenomenon". Jadi rantai penularan harus diputuskan.
  • Chlamydia juga disebabkan oleh PMS dengan gejala yang hampir mirip dengan gonorhea, yaitu kencing mengeluarkan nanah berwarna kehijauan, disertai nyeri saat berkemih, nyeri di testis, dan rasa gatal pada lubang kemaluan. Semua PMS harus diobati secara tuntas beserta pasangannya.
  • Balanitis atau infeksi yang terjadi pada kepala penis. Biasanya ini disebabkan oleh sumbatan kotoran smegma yang ada pada kulup penis. Sering terjadi pada laki-laki yang tidak disunat.
Selain penyebab di atas, gejala yang muncul dapat diperparah oleh kondisi organ intim yang tidak bersih, misalnya kondisi penis yang lembab akibat penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, iritasi karena penggunaan sabun dan alat cukur, reaksi alergi karena jamur pada selangkangan (tinea cruris).

Penanganan kencing nanah

Penanganan kencing nanah antara lain :
  • Obati secara tuntas baik penderita dan pasangannya
  • Tidak bergonta ganti pasangan seksual
  • Gunakan kondom untuk mencegah PMS
  • Jaga kebersihan organ intim
  • Hindari mencukur bulu kemaluan hingga bersih
  • Gunakan pencukur bulu kemaluan sekali pakai
  • Hindari penggunaan pakaian dalam dan celana yang terlalu ketat
Jika keluhan kencing nanah terus berlanjut diikuti rasa n yeri saat BAK, perih, gatal, dapat diikuti demam, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi saluran kencingkencing nanahsifilis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil