Keluar flek darah di trimester kedua, normal atau tidak?

IR Info Penanya: IR, Wanita, 35 Tahun
Asalamualaikum dok, maaf saya mau tanya, saat kehamilan saya 2bln setengah pernah saya keluar plek sekali, dan sebulan kemudian keluar lendir darah bhkn sakit di perut bagian bawh,dan sudah 2 hari blum berhenti jg, tapi keluarnya cm ky plek doang cm sering bahkan setiap kencing,, gimana ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Keluarnya flek darah saat hamil merupakan hal yang wajar. Biasanya terjadi saat trimester pertama, karena flek darah tersebut merupakan tanda implantasi bakal janin di dalam rahim. Trimester pertama kehamilan berlangsung di 12 minggu awal kehamilan. Sedangkan, trimester kedua berlangsung dari usia 13 minggu-27 minggu dan trimester ketiga 28 minggu-37 minggu. 

Jika dilihat dari usia kehamilan Anda, Anda sudah memasuki trimester kedua yang dimana pada trimester ini janin sudah cukup kuat dan semakin berkembang. Sehingga, sangat tidak memungkinkan untuk keluarnya flek-flek darah. 

Terkait gejala yang Anda alami ini, yang dikhawatirkan adalah itu merupakan tanda keguguran. Keguguran ditandai dengan kram perut, perdarahan ringan hingga bera, nyeri perut, kelelahan, dan nyeri punggung. Beberapa faktor yang mempengaruhi keguguran yaitu infeksi, masalah hormon, kelelahan aktivitas fisik, kelainan pada uterus, dll.

Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan segera ke dokter kandungan agar dapat diperiksa lebih lanjut kandungan Anda ini. Sehingga dapat diketahui secara pasti penyebab munculnya flek darah dan kram perut. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan elektrolit saat hamil muda dapat menyebabkan mual dan muntah

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Saat hamil muda, berbagai permasalahan yang dapat muncul adalah perdarahan dan gatal di vagina, mual dan muntah, demam tinggi, sakit saat kencing, hingga sakit kepala.