Keluar lendir dan keputihan saat usia kandungan 39 week terus menerus

DN Info Penanya: DN
Dok saya mau tanya, usia kehamilan saya 39 week. td pagi saya merasakan seperti ada air keluar cairan bening dari vagina dan keluarnya seperti air seni terus menerus smpai beberapa kali kurang lebih 3 menit. Di susul dengan bercak flek merah sedikit. Perut saya jg keram seperti menstruasi. Saya sudah cek ke bidan katanya itu bukan air ketuban tp kontraksi awal . Mohon penjelasannya dok apakah ini pertanda dekat dengan persalinan? Cairan ketuban seperti apa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DN,

Usia kehamilan matang adalah usia kehamilan 37-42 minggu, dimana pada masa ini akan bisa terjadi persalinan. Untuk itu ibu dan suami perlu siap siaga sewaktu tanda persalinan tiba dan segera ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan persalinan.

Tanda persalinan sudah dekat

Beberapa tanda persalinan yang bisa timbul diantaranya adalah:

  • Kontraksi yang makin teratur dan interval yang makin sering, tekanannya juga lebih intens
  • Terasa adanya tekanan pada anus
  • Bayi makin turun
  • Adanya flek darah 
  • Adanya ketuban yang pecah
  • Rasa nyeri yang lebih terasa pada punggung dan perut bawah

Untuk memastikan ada tidaknya tanda persalinan bisa dilakukan pemeriksaan oleh dokter atau bidan dimana dapat dinilai ada tidaknya pembukaan, ada tidaknya perineum yang menonjol ataupun vulva vagina yang terbuka.

Adanya cairan sendiri bisa karena cairan ketuban yang merembes ataupun urine yang keluar karena tekanan bayi pada kandung kemih. Tetapi tidak selalu merupakan tanda persalinan sudah dekat. Cairan ketuban sendiri berwarna bening, tidak berbau seperti urine, bisa merembes perlahan dan bisa lebih deras. Untuk pastinya ada baiknya bisa juga dilakukan pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi postpartum yang tepat perlu dilakukan dengan kerjasama dari keluarga.

Cara Mengatasi Depresi Postpartum oleh Dokter Maupun Secara Alami

Depresi postpartum atau depresi pascapersalinan, jika tidak segera diatasi, bisa berkembang menjadi kondisi psikosis yang dapat membahayakan nyawa.