28 Dec 2020, 14:55Kandungan

Keluar lendir coklat setrlah berhubungan intim apakah tanda kehamilan?

DS
Info Penanya: DS0
Siang dok sya mau tanya nih. Sya sudah telat haid seminggu dan 3 hari yang lalu muncul flek coklat sya pikir sya haid ternyata besok nya daRah haid tidak keluar dok.. Lalu sya berhubungan intim dengan suami kok keluar lendir coklat gtu ya dok apkah sya hamil? Untuk info siklus haid sya tidak teratur dok kadang 28 hari kdg 30 kdg juga 40 hari
2658 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore DSHaid yang terlambat dan timbulnya flek kecoklatan disertai lendir bisa menjadi tanda kehamilan dimana adanya proses implantasi janin pada dinding rahim. Kehamilan bisa terjadi bila anda melakukan hubungan sesual dengan suami saat periode masa subur berlangsung. Masa subur pada wanita dengan siklus haid yang teratur 28 hari jatuh pada hari ke 14 setelah masa haid berakhir, tetapi bila siklus haid berkisar antara 21-35 hari masa subur bisa jatuh apda hari ke 11-21 setelah masa haid berakhireAnda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan secara mandiri dengan melakukan test pack. Test pack ini bisa digunakan paling cepat seminggu setelah berhubungan seksual pada masa subur, dan dapat diulangi besok lusanya atau satu minggu setelahnya. Gunakan 2 alat test pack yang berbeda merek dan pastikan utin yang digunakan cukup pekat serta ikuti petunjuk sesuai pada kemasan untuk menghindari kesalahan dalam pemeriksaan. Bila anda ragu, anda juga bisa melakukan pemeriksaan USG ke dokter spesialis kandungan dan memantau perkembangan kandungan secara rutin.

Keluar Flek Coklat Setelah Berhubungan Intim

Flek kecoklatan disertai lendir bisa karena luka atau lecet akibat gesekan atau tekanan yang kuat saat berhubungan seksual. Hal ini juga bisa merupakan tanda dari kondisi lainnya seperti gangguan hormon, gangguan organ reproduksi, infeksi, atau kanker rahim. Bila hal ini baru pertama kali terjadi anda bisa mencoba mengatasinya dengan menerapkan pola hidup sehat. Tetapi bila gejala bertambah berat dan disertai dengan gejala lainnya seperti nyeri perut, mual muntah, demam, perdarahan hebat, berat badan turun drastis, segera periksakan diri anda ke dokter.Pola hidup sehat yang dapat dilakukan untuk menjaga organ reproduksi adalah:
  • Makan makanan bergizi
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  • Minum air cukup
  • Tidak merokok atau minum alkohol
  • Hindari stres
  • Istirahat cukup
  • Berolahraga rutin
  • Menjaga organ intim tetap bersih dan tidak lembap
  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan tidak ketat
  • Basuh dan seka dari arah depan ke belakang setelah BAB, BAK< dan berhubungan seksual
Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
siklus haidhubungan seksualkehamilangangguan menstruasicara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil