15 Nov 2020, 10:29Kandungan

Mengapa flek setelah haid dan aktivitas seksual?

SA
Info Penanya: SA0
Begini Dok, saya selesai haid tgl 3 dan sudah bersih, tgl 7 saya berhubungan dengan pasangan sore hari, tdk melakukan penetrasi, hanya petting menggunakan jari masuk, malam harinya mengeluarkan flek coklat, dan sudah seminggu mengeluarkan flek coklat, setelah flek coklat berhenti keluar, pagi harinya keluar keputihan saja, menurut dokter apakah ini sudah baik baik saja? Dan apa yang harus saya lakukan, terimakasih.
380 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, SATerima kasih atas pertanyaannya.Flek coklat yang muncul setelah haid dan aktivitas seksual dapat terjadi karena beberapa hal.

Penyebab muncul flek coklat :

  • Sisa darah pada rahim.
    Darah yang tertinggal saat haid sebelumnya dapat keluar dengan warna yang lebih gelap dari biasanya.  Semakin gelap maka darah sudah tersimpan lebih lama.
  • Perlukaan pada vagina.
    Aktivitas seksual yang dilakukan dengan tidak benar dapat menimbulkan perlukaan pada vagina sehingga menimbulkan perdarahan.
  • Flek kehamilan
    Saat penempelan sel telur yang telah terbuahi pada dinding rahim dapat menimbulkan perdarahan ringan.  
  • Infeksi menular seksual
    Pada infeksi klamidia dan gonore dapat muncul bercak yang disertai rasa sakit saat buang air kecil ataupun flek yang berbau.  Keputihan abnormal juga sering menyertai infeksi ini.
  • Gangguan pada rahim.
Terkait yang anda tanyakan, apabila flek yang keluar berbau atau keputihan abnormal yaitu berwarna, menimbulkan gatal dan panas, maka perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lanjutan.Perlu diketahui pula, aktivitas seksual dengan memasukkan jari ke vagina dapat menimbulkan resiko infeksi menular seksual ataupun infeksi jamur pada vagina.  Kehamilan juga dapat terjadi apabila jari sempat memegang kelamin dan ada sel sperma yang menempel.  Tunda melakukan aktivitas seksual apabila tidak siap dengan risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilankandidiasisinfeksi menular seksualkeputihanvaginosis bakteriflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil