Darah haid menggumpal, karena apa ?

R Info Penanya: R, Wanita
Malam dok saya mau bertanya. Jadi saya sudah telat menstruasi selama 1 bulan dan d bulan selanjutnya saya selalu keputihan dan terkadang keluar seperti darah menstruasi yang kental. Lalu tadi keluar gumpalan darah sebesar ujung ibu jari tangan dan teksturnya seperti daging ayam saya belum menikah dan blm pernah melakukan hubungan suami istri. Ini kenapa ya? Terimakasih 🙏🏻
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R. 

Darah haid yang menggumpal pada dasarnya adalah hal yang normal terjadi pada waktu periode menstruasi tertentu. Umumnya gumpalan darah terjadi pada pada awal periode menstruasi atua disaat menstruasi yang keluar sedang banyak dan deras. Darah yang menggumpal tersebut terjadi akibat adanya zat pencegah pembekuan darah (antikoagulan) yang ikut keluar saat haid sedang deras, sehingga tidak semua bagian darah sempat dicegah untuk menjadi gumpalan.

Kendati merupakan hal yang umum terjadi, terdapat kondisi tidak nomal yang dapat terjadi dari gumpalan darah haid. Cara membedakan gumpalan darah haid yang normal dan gumpalan darah haid yang tidak normal dapat dilihat melalui konsistensi, ukuran dan warna dari gumpalan darah.

Ciri dari gumpalan darah yang normal dapat meliputi :

  • berwarna merah terang hingga merah gelap
  • berukuran tidak terlalu besar
  • menyerupai gel
  • muncul pada waktu haid tertentu, umumnya pada awal haid

Ciri dari gumpalan darah yang abnormal dapat meliputi :

  • gumpalan berukuran besar
  • keluar terus menerus
  • disertai keluhan nyeri dan perdarahan yang berat

Mengenai keluhan yang Anda alami, jika masih menyerupai gumpalan darah yang normal umumnya masih aman, namun, jika disertai keputihan yang telah berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter Kandungan. Untuk sementara berikut saya lampirkan artikel cara mengatasi haid yang tidak lancar untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.