24 Dec 2020, 09:16Kandungan

Test pack positif tapi dikatakan penebalan dinding rahim, apa penyebabnya ?

EK
Info Penanya: EK0
Selamat pagi Dok. Mau bertanya. HPHT 27 Okt 2020. Bln Nov tdk haid, hanya flek. Hasil TP awalnya samar. Tgl 3 Des ke Spog di USG, ada penebalan & pelebaran dinding rahim tp blm terlihat kantong kehamilan. Setiap hari msh keluar flek. Kadang warna merah. Saya jg sering kram perut dan punggung sakit. TP lagi hasilnya positif. Tgl 12 periksa ke Spog yg berbeda di USG transVag, blm terlihat kantong kehamilan. Diberi obat regumen utk penstabil hormon. Kenapa setiap hari msh keluar flek ya Dok?
4054 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore EKPenebalan dan pelebaran dinding rahim diakibatkan gangguan hormon yang tidak seimbang dimana hormon progesteron jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan estrogen. Penebalan dinding rahim dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti :
Gejala pada penebalan dinding rahin adalah haid yang tidak teratur atau terjadinya perdarahan yang tidak lazim di luar siklus haid seperti pada kondisi EK. Perdarahan ini disebabkan pelebaran pembuluh darah pada dinding rahim sehingga lapisan pembuluh darah menjadi tipis dan mudah terjadi perdarahan.Pada test pack yang positif bisa terjadi positif palsu dimana terdapat hormon Hcg dalam tubuh wanita yang tidak hamil. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan test pack positif palsu yaitu hamil anggur, hamil ektopik (diluar kandungan), keguguran, penggunaan obat diet dan obat subur, vitamin C dosis tinggi, dan tumor indung telur atau jaringan plasenta.Untuk penanganan pada penebalan dinding rahim biasanya diberikan obat hormonal yang berisi hormon progesteron sintetik (progestin) yang dilakukan secara bertahap dan membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa berbulan-bulan bahkan tahunan. Bila terapi hormon tidak berhasil maka penanganan lainnya adalah dengan cara pengangkatan rahim.Hal yang bisa ibu lakukan untuk menyokong keberhasilan dari terapi adalah dengan melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan organ repsoduksi yaitu:
  • Tidak merokok, minum alkohol
  • Hindari stres
  • Mengurangi berat badan berlebih
  • Makan banyak sayur dan buah
  • Hindari konsumsi ayam negri yang disuntik
  • Kurangi makan kacang kedelai
  • Konsumsi air putih cukup
  • Istirahat cukup
  • Berolahraga 3-4 x seminggu
  • Konsumsi obat secara rutin sesuai anjuran
  • Kontrol rutin ke dokter spesialis kandungan
Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
menopausehormon progesteronpcosterapi hormonal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil