Keluar flek kecoklatan setelah berhubungan dengan pakaian lengkap, karena apa ?

NA Info Penanya: NA
Haii dok,mau nanya gini dok sya dan pcr sya sdh melakukan hubungan tpi dlm kondisi semuanya mengenakan pakaian lengkap, 2 hari stlh kejadia sya mengeluarkan flek kecoklatan,tpi seminggu yg lalu sya baru2 haid dok.Pertanyaanya flek yg keluar ini faktor apa ya dok? Mohon penjelasannya.Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NA.

Flek kecoklatan merupakan keluhan yang sering kali dialami wanita berkaitan dengan siklus menstruasinya. Pada dasarnya flek kecoklatan yang timbul pada awal dan akhir haid dapat merupakan hal yang normal terjadi, berkaitan dengan darah yang mengalami proses oksidasi di dalam tubuh karena pengeluarannya yang tertunda atau berupa sisa-sisa darah.

Kendati demikian terdapat pula flek kecoklatan yang disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu seperti perdarahan yang terjadi karena gangguan haid atau berhubungan dengan kehamilan. Jika terjadi karena gangguan haid, umumnya flek kecoklatan terjadi diluar siklus haid atau yang disebut dengan metroragia (keadaan haid yang tidak teratur). Sedangkan flek coklat yang berhubungan dengan kehamilan bisa jadi berupa perdarahan implantasi pada masa awal kehamilan, kondisi kandungan yang lemah, gangguan kehamilan seperti kehamilan ektopik hingga proses keguguran.

Mengenai keluhan keluarnya flek setelah berhubungan dengan tetap mengenakan pakaian lengkap yang Anda alami, perlu terlebih dahulu diketahui apakah sempat terjadi ejakulasi di area yang dekat dengan liang vagina dan setebal atau setipis apa pakaian yang dikenakan. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan peluang kehamilan dan memungkinkan keluhan flek kecoklatan yang Anda alami berkaitan dengan kondisi tersebut.

Untuk memastikannya, apabila pada siklus haid selanjutnya terjadi keterlambatan, Anda dapat melakukan test pack yang dapat diulang seminggu kemudian agar lebih akurat. Jika hasil kedua pemeriksaan negatif maka mungkin keluhan yang Anda alami disebabkan oleh gangguan haid seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Keterangan lebih lanjut, bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mengantisipasi diabetes tipe-2 saat hamil, dengan rutin memantau gula darah.

Waspadai Risiko Diabetes Tipe-2 Selama Kehamilan

Diabetes gestasional membuat Anda dan anak berisiko terkena diabetes tipe-2. Mengapa demikian?