Keluar flek merah selesai haid, apakah wajar ?

RP Info Penanya: RP, Wanita, 20 Tahun
Selamat malam dok ,saya berumur 20 tahun dan belum menikah ,saya halangan tanggal 23 Juli selesai nyaa tanggal 26 Juli ,tapi 2 hari selesai haid tepat nyaa pada tanggal 28 Juli,keluar lagi bercak atau flek tapi gak warna coklat atau merah kecoklatan,tapi warna merah ,apakah itu wajar ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RP.

Fleh darah yang keluar diawal siklus haid dan di akhir siklus haid perupakan keadaan yang wajar terjadi. Umumnya flek tersebut berwarna kecoklatan hingga kehitaman akibat proses oksidasi di dalam alat reproduksi. Namun demikian terdapat keadaan flek darah yang muncul di luar siklus haid. Keadaan tersebut dapat dikategorikan tidak normal jika terjadi berulang dan dalam istilah medis dikenal dengan sebutan metroragia.

Beberapa faktor pemicu metroragia antara lainnya ialah :

  • gangguan ovulasi
  • keadaan hormon tidak seimbang akibat beberapa faktor seperti obesitas, stres dan penggunaan obat hormonal
  • menderita penyakit gangguan pembekuan darah
  • berbagai penyakit pada alat reproduksi seperti :

Mengenai keluhan flek merah pada Anda dapat terjadi karena keadaan hormon yang tidak seimbang dengan berbagai faktor pemicunya. Jika tidak terjadi di siklus haid selanjutnya umumnya masih aman dan mungkin hanya bersifat sementara. Namun jiak pada siklus-siklus haid kedepan flek darah mearah tersebuut masih muncul perlu diwaspadai karena sudah tergolong pada keadan metroragia dan mungkin disebabkan oleh salah satu faktor atau kondisi medis yang telah dipaparkan diatas.

Untuk sementara Anda dapat memantau keadaan ini hingga mencapai 3 siklus atau 3 bulan. Jika berkelanjutan periksakanlah secara langsung kepada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.